About the Journal

Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif (JSPK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian, tinjauan teoretis, maupun studi reflektif dalam bidang sosiologi pendidikan dan sosiologi umum yang relevan dengan dinamika sosial, kebudayaan, dan pendidikan. Nama “kolaboratif” mencerminkan keterbukaan jurnal ini terhadap pendekatan interdisipliner dalam kerangka sosiologi, serta kolaborasi lintas isu yang saling memperkaya perspektif sosial.

JSPK berupaya menjadi forum ilmiah yang membahas persoalan-persoalan strategis dalam masyarakat, seperti ketimpangan sosial, marginalisasi kelompok rentan, pendidikan karakter, serta perubahan sosial akibat perkembangan teknologi, digitalisasi, dan kecerdasan buatan (AI). Jurnal ini juga menekankan pentingnya pendekatan lokal dan nilai-nilai budaya dalam merespons tantangan global.

Diterbitkan oleh CV. Era Digital Nusantara, JSPK terbit dua kali setahun (Maret dan September), dan dipublikasikan secara akses terbuka (open access) untuk mendorong diseminasi pengetahuan yang lebih luas, adil, dan berdampak.

Current Issue

Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif
					View Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif

Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan kajian empiris dan teoretis mengenai dinamika pendidikan dalam konteks sosial kontemporer. Jurnal ini bertujuan menjadi forum kolaboratif bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk membahas isu-isu strategis dalam pendidikan, seperti keadilan sosial, digitalisasi, identitas budaya, serta peran pendidikan dalam mendorong perubahan sosial.

Melalui pendekatan sosiologis yang kritis dan interdisipliner, jurnal ini berfokus pada bagaimana pendidikan dapat merespons tantangan zaman—termasuk ketimpangan struktural, marginalisasi kelompok rentan, serta peluang dan risiko dari perkembangan teknologi. Dengan semangat kolaboratif, Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif mendukung publikasi yang mendorong dialog, refleksi, dan transformasi menuju sistem pendidikan yang lebih inklusif, adil, dan berdaya guna.

Published: 2025-09-01

Articles

  • Internalisasi Nilai Ta’dib Dalam Membentuk Karkter Religius Siswa Era Society 5.0

    Fuad Khoirul Anwar
    1-11
    DOI: https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1178
  • Analisis Pemangkasan Anggaran Infrastruktur terhadap Proses Lepas Landas Ekonomi Indonesia dalam Perspektif Teori Rostow dengan Pendekatan Kualitatif

    Nikmatus Soleha
    12-19
    DOI: https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1310
  • Membangun Modal Sosial melalui Organisasi Keagamaan Remaja Masjid At-Taqwa di Kota Cirebon

    Parha Nurahman, Almi Tasya, Anmasi Jazaul Fathor
    20-26
    DOI: https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1372
  • Jaringan Sosial Antar Lembaga dalam Mendorong Pembentukan dan Pengembangan BUMDes di Desa Nanggerangjaya Kabupaten Kuningan: Pendekatan Teori Jaringan Sosial

    Eka Raditya Fajar Saputra, Tutut Lusiasih, Muhammad Ramdani Iqro
    27-34
    DOI: https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1379
  • Implementasi Metode Pembelajaran Observasi Lapangan dalam Aktivitas Belajar Sosiologi di SMA Antartika Sidoarjo

    Mutiara Ramadhani Putri Rismawan
    35-41
    DOI: https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1313
  • Ekspansi Jaringan Sosial: Strategi Efektif dan Konsep dalam Membangun Relasi

    Rheina Sabrina Az-Zahra, Dwi Fitri Ginanti, Muhammad Alvian Fakhrul Anam
    42-47
    DOI: https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1382
View All Issues