Internalisasi Nilai Ta’dib Dalam Membentuk Karkter Religius Siswa Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.59066/jspk.v2i1.1178Keywords:
Pendidikan Ta'dib, Karakter Religius, SiswaAbstract
Perkembangan teknologi era Society 5.0 memberikan tantangan bagi institusi pendidikan Indonesia, salah satu adalah degradasi moral di kalangan siswa. Fenomena ini memberikan perhatian khusus karena tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Untuk menanamkan dan menumbuhkan sikap seorang siswa yang memiliki akhlak atau karakter sesuai dengan nilai ajaran Islam, maka diperlukan sebuah terobosan dengan menginternalisasikan konsep ta’dib ke dalam instansi pendidikan. Penelitian ini berfokus pada urgensi dan Strategi internalisasi ta’dib dalam proses pendidikan era Society 5.0. guna menanamkan karakter religius pada siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan cara membaca dan menyeleksi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan jenis analisis isi. Hasil penelitian ini adalah pertama, konsep ta’dib merupakan kata kunci yang digunakan al-Attas sebagai istilah pendidikan yang merujuk pada penggabungan antara ilmu, amal, dan adab dengan tujuan menanamkan dan menumbuhkan adab pada siswa dalam mewujudkan manusia sempurna insan kamil yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Kedua, internalisasi ta’dib dalam instansi pendidikan dilakukan dengan melalui lingkungan institusi pendidikan yang positif dan memiliki kesadaran nilai-nilai akhlak yang sempurna dan juga didukung oleh komponen pendidikan terutama guru dan tenaga kependidikan yang memiliki sikap baik dalam ber akhlak. Selain itu, internalisasi ta’dib dapat dilakukan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam. Strategi internalisasi ta’dib melalui pembelajaran pendidikan agama Islam sangat relevan karena pembelajaran ini memiliki kedudukan penting dalam menanamkan dan pembentukan karakter siswa, serta mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.