Peningkatan Kapasitas Digital dan Kinerja Penjualan Melalui Pelatihan E-Commerce Holistic pada UMKM “Nge-Cheese” di Kota Sorong

Main Article Content

Melda Agnes
I Dewa Ayu Nyoman Utari
Julian Julian
Sainty Sainty
Yeremia Yeremia
Ishak Ishak
Venzcha Venzcha
Tagor Manurung

Abstract

Era digital telah menciptakan peluang pasar yang luas bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet yang mencapai 77% dari populasi. Namun, integrasi UMKM ke dalam ekosistem digital menghadapi tantangan besar, terutama terkait keterbatasan kompetensi teknis dan rendahnya literasi hukum digital. Program pelatihan dan pendampingan e-commerce yang dirancang secara holistic ini dilakukan pada UMKM kuliner “NGE-CHEESE” di Kota Sorong. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat  menggunakan pendekatan campuran (mixed-methods). Evaluasi dilakukan dengan pra-tes dan pasca-tes untuk mengukur perubahan pengetahuan teknis dan pemahaman hukum digital secara kuantitatif, serta observasi dan wawancara untuk eksplorasi kualitatif terhadap implementasi program. Hasil pkm menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia secara menyeluruh yang mencakup aspek teknis dan legal merupakan kunci utama dalam keberhasilan digitalisasi UMKM. Model intervensi yang dikembangkan dapat menjadi referensi strategis dalam menghadapi tantangan transformasi digital secara berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Agnes, M., Nyoman Utari, I. D. A., Julian, J., Sainty, S., Yeremia, Y., Ishak, I., Venzcha, V., & Manurung, T. (2025). Peningkatan Kapasitas Digital dan Kinerja Penjualan Melalui Pelatihan E-Commerce Holistic pada UMKM “Nge-Cheese” di Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 113–118. https://doi.org/10.59066/jpkm.v1i4.1427
Section
Articles