Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Spinner Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD 1 Peganjaran

Main Article Content

Devi Rosalinda Damayanti
Zahrotun Nishklakh
Niken Ayu Aulia
Mudrikatunnisa Mudrikatunnisa
Alvita Rizki Maula
Lisa Noor Amelia
Hervian Setiadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran spinner terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD 1 Peganjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles & Huberman yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi untuk mengidentifikasi  terkait dengan penggunaan media spinner dalam konteks pembelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran spinner secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep seperti penggolongan jenis makanan hewan (omnivora, herbivora, karnivora) dan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi praktis. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif, seperti spinner, dapat menjadi sarana efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Rosalinda Damayanti, D., Nishklakh, Z., Aulia, N. A. ., Mudrikatunnisa, M., Maula, A. R. ., Amelia, L. N. ., & Setiadi, H. . (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Spinner Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD 1 Peganjaran . Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.59066/jip.v1i1.811
Section
Articles