Evaluasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang

Main Article Content

Ibrahim Ibrahim
Dela Sintia
Rinto Pardika
Novita Eka Sari
Sepralin Tesva

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan suatu lembaga pendidikan adalah sejauh mana kegiatan penilaian (evaluasi) dilakukan. Artikel ini berfokus pada evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan. Kurikulum merdeka yang dirancang untuk memperoleh kemandirian siswa, telah diterapkan diberbagai tingkat pendidikan. Jenis penelitian yakni kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa evaluasi implementasi kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang sudah dijalankan dengan baik. ini melibatkan penilaian terhadap berbagai aspek implementasi kurikulum, termasuk metode pembelajaran, partisipasi siswa dan hasil belajar. Kurikulum merdeka memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, masih ada beberapa tantangan dalam implementasinya. Dalam implementasi kurikulum merdeka diperlukan kerjasama antara pemerintah, melalui evaluasi yang komprehensif diharapkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dapat ditingkatkan secara terus-menerus untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi siswa.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, I., Sintia, D. ., Pardika, R. ., Sari, N. E., & Tesva, S. (2024). Evaluasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang . Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.59066/jip.v1i1.682
Section
Articles