Evaluasi Kurikulum Merdeka Model Black Box Dalam Implementasi Program P5 Di SMP Kemala Bhayangkari Makassar
Main Article Content
Abstract
Evaluasi kurikulum merupakan elemen penting dalam proses pengembangan pendidikan untuk menentukan keefektifan kurikulum. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Black Box (Goal Oriented Evaluation) yang difokuskan pada hasil pembelajaran di SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Pendekatan kualitatif diterapkan untuk memahami implementasi Kurikulum Merdeka dibandingkan Kurikulum 2013. Hasil menunjukkan Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada siswa, namun membutuhkan perbaikan dalam struktur evaluasi. Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diapresiasi meskipun masih menghadapi tantangan. Rekomendasi mencakup peningkatan pelatihan guru, infrastruktur teknologi, dan keterlibatan orang tua untuk mendukung keberhasilan kurikulum.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.