Evaluasi Kurikulum Merdeka Model Black Box Dalam Implementasi Program P5 Di SMP Kemala Bhayangkari Makassar

Main Article Content

Marsyita Azzahra
Ridwan Y Iskandar
Indra Azis
Faiqatunnisa Faiqatunnisa
Putri Presellia Arief
Muh. Aldi Almadani

Abstract

Evaluasi kurikulum merupakan elemen penting dalam proses pengembangan pendidikan untuk menentukan keefektifan kurikulum. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Black Box (Goal Oriented Evaluation) yang difokuskan pada hasil pembelajaran di SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Pendekatan kualitatif diterapkan untuk memahami implementasi Kurikulum Merdeka dibandingkan Kurikulum 2013. Hasil menunjukkan Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada siswa, namun membutuhkan perbaikan dalam struktur evaluasi. Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diapresiasi meskipun masih menghadapi tantangan. Rekomendasi mencakup peningkatan pelatihan guru, infrastruktur teknologi, dan keterlibatan orang tua untuk mendukung keberhasilan kurikulum.

Article Details

How to Cite
Azzahra, M., Iskandar, R. Y., Azis , I., Faiqatunnisa, F., Presellia Arief, P., & Almadani, M. A. (2025). Evaluasi Kurikulum Merdeka Model Black Box Dalam Implementasi Program P5 Di SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 82–86. https://doi.org/10.59066/jip.v1i3.1071
Section
Articles