PELATIHAN DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DESA WISATA CANDIPARI, KABUPATEN SIDOARJO

Main Article Content

Sultoni Fikri
Rahadyan Widarshadhika Wisnumurti
Narendra Putra Anugrah
Vanya Agatha Hendarto
Cindi Widya Ningrum
Nabila Assegaff

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berdampak signifikan pada industri pariwisata, di mana media sosial menjadi alat penting dalam mempromosikan destinasi wisata. Artikel ini membahas program Pelatihan dan Pengelolaan Media Sosial yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya di Desa Wisata Candipari, Kabupaten Sidoarjo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat desa dalam menggunakan media sosial untuk promosi wisata. Melalui serangkaian kegiatan seperti pembuatan website, akun Instagram, Shopee, dan TikTok, serta pelatihan tentang pemasaran digital dan videografi, diharapkan desa wisata ini mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan media sosial dan e-commerce, yang berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan visibilitas Desa Wisata Candipari. Pelatihan ini juga mencakup materi tentang marketing mix, teknik pembuatan konten, dan analisis kinerja promosi, yang semuanya bertujuan untuk mengoptimalkan potensi pariwisata desa. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan individu tetapi juga memperkuat kolaborasi antarwarga dalam mengembangkan potensi desa mereka secara berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Fikri, S., Wisnumurti, R. W., Anugrah, N. P., Hendarto, V. A., Widya Ningrum, C., & Assegaff, N. (2024). PELATIHAN DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DESA WISATA CANDIPARI, KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.59066/jppm.v3i2.668
Section
Articles

References

Addin, Syahrial. 2022. “Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ).” Jurnal Mitra Manajemen 5(10): 718–35.

Arkansyah, Mochammad, Dwi Prasetyo, and N. W. Ratna Amina. 2021. “Utilization of Tik Tok Social Media as A Media for Promotion of Hidden Paradise Tourism in Indonesia.” SSRN Electronic Journal (2018).

Darwis, Rudi Saprudin, Yurika Shafa Miranti, Shahnaz Raisya Saffana, and Shafa Yuandina. 2022. “Kewirausahaan Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 4(2): 135.

Fahmayanti, Nufaila. 2016. “Motivasi Dan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Wirausaha.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 4(4): 586–95.

nurmadewi, Dita. 2023. “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur .” Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) 2: 385–92.

Purnastuti, Losina. 2004. “Perdagangan Elektronik: Suatu Bentuk… -- Losina Purnastuti.” PERDAGANGAN ELEKTRONIK: SUATU BENTUK PASAR BARU YANG MENJANJIKAN? Oleh: 1(1): 1–13.

Most read articles by the same author(s)