Optimalisasi Kreativitas Siswa Kelas V SDIT Al-Furqan Melalui Pelatihan desain poster oleh Mahasiswa MBKM UIN Palangka Raya

Main Article Content

Nanda Sabila
Sulistyowaty

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh mahasiswa program MBKM UIN Palangka Raya sebagai bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas V SDIT Al-Furqan Palangka Raya melalui pelatihan pembuatan poster berbasis aplikasi Canva. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, keterampilan teknis desain visual, serta rasa percaya diri siswa dalam mengekspresikan ide melalui media digital. Metode pelaksanaan terdiri atas empat tahapan, yaitu analisis kebutuhan, persiapan sosialisasi dan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, serta evaluasi kegiatan. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan pada kreativitas visual siswa yang tampak dari kemampuan mereka dalam mengatur komposisi, warna, tipografi, serta pesan visual pada karya poster. Siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi, kolaborasi yang baik, dan peningkatan keterampilan komunikasi visual. Bagi guru, kegiatan ini memberikan wawasan baru mengenai penerapan teknologi kreatif dalam pembelajaran. Dengan demikian, program ini berhasil mengoptimalkan kreativitas siswa dalam pengembangan pembelajaran inovatif abad ke-21.

Article Details

How to Cite
Sabila, N., & Sulistyowaty, S. (2025). Optimalisasi Kreativitas Siswa Kelas V SDIT Al-Furqan Melalui Pelatihan desain poster oleh Mahasiswa MBKM UIN Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 302–306. https://doi.org/10.59066/jpkm.v1i6.1770
Section
Articles