Digitalisasi Pemasaran dan Edukasi Hukum Digital bagi Pelaku Usaha Kios Wawa

Main Article Content

Melda Agnes Manuhutu
I Dewa Ayu Nyoman Utari Sastrani
Agnes Agnes
Citra Citra
Julia Julia
Kristin Kristin
Darma Darma
Lulu Jola Uktolseja

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki banyak pilihan untuk meningkatkan daya saing di era digital.  Namun, kesenjangan keterampilan digital tetap menjadi hambatan utama. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini menyediakan program pelatihan dan pembinaan e-commerce yang komprehensif terhadap kesiapan digital dan kinerja penjualan UMKM yang menjual barang kebutuhan poko khususnya “KIOS WAWA” di Kota Sorong.  PKM ini diselenggarakan dengan serangkaian langkah yang terstruktur dengan baik, termasuk penilaian kebutuhan dan pelatihan serta menggunakan pendekatan studi kasus tunggal dengan metode wawancara dan intervensi. Berdasarkan hasil PKM, kemampuan peserta telah meningkat secara signifikan. Peserta menunjukkan kemampuan praktis dalam mengelola toko online secara mandiri, dan skor pengetahuan e-commerce rata-rata meningkat secara signifikan. Peningkatan kinerja, yang terlihat dari pendapatan yang lebih tinggi selama periode pemantauan, merupakan efek yang paling menonjol. PKM ini menemukan bahwa intervensi teknologi yang menggabungkan pelatihan teknis dengan bimbingan berkelanjutan merupakan strategi yang sangat sukses untuk memberdayakan UMKM secara digital. Pendekatan ini efektif dalam menutup kesenjangan kompetensi digital dan mengubah literasi digital menjadi kemajuan bisnis yang nyata.

Article Details

How to Cite
Manuhutu, M. A. ., Utari Sastrani, I. D. A. N. ., Agnes, A., Citra, C., Julia, J., Kristin , K. ., Darma, D., & Uktolseja, L. J. . (2025). Digitalisasi Pemasaran dan Edukasi Hukum Digital bagi Pelaku Usaha Kios Wawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 216–223. https://doi.org/10.59066/jpkm.v1i6.1430
Section
Articles