Upaya Peningkatan Literasi Siswa SMKS Muhammadiyah 2 Wonosobo Melalui Program Pojok Baca
Main Article Content
Abstract
Program ini berfokus pada upaya peningkatan literasi siswa melalui Program Pojok Baca di SMKS Muhammadiyah 2 Wonosobo. Tingkat literasi siswa di Indonesia masih rendah, terutama di sekolah minim fasilitas seperti SMKS Muhammadiyah 2 Wonosobo yang tidak memiliki perpustakaan. Tujuannya adalah: (1) menguji efektifitas program pojok baca; (2) menganalisis dampak pojok baca dalam upaya peningkatan minat baca; (3) memformulasikan strategi literasi berkelanjutan bagi sekolah minim fasilitas. Pengabdian ini menggunakan metode pengadaan pojok baca, observasi kunjungan siswa ke pojok baca, pembelajaran yang berfokus pada peningkatan minat baca, serta evaluasi dengan cara observasi, evaluasi nilai, dan wawancara. Hasil program menunjukan: (1) pojok baca efektif sebagai media scaffolding; (2) Pemanfaatan program pojok baca dengan pendekatan CORI berhasil meningkatkan motivasi membaca siswa; (3) formulasi strategi literasi berkelanjutan dapat dilakukan melalui 4 cara, yaitu pengembangan infrastruktur fisik; integrasi pojok baca dengan kurikulum sekolah; membentuk komunitas baca; dan penerapan sistem monitoring dan evaluasi.