UMKM Desa Berdaya Dengan Menggapai Pasar Global Melalui Revolusi Digital

Main Article Content

Syaharani Noer Fathia
Retno Yuni Nur Susilowati
Rona Majidah
Ayu Dwiny Octary
Widya Rizki Eka Putri
Fatkhur Rahman

Abstract

 Indonesia sebagai negara dengan sejuta keberagaman budaya dan kekayaan alam mempunyai potensi besar dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di pedesaan. Globalisasi telah membuka peluang baru bagi UMKM di pedesaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemanfaatan teknologi digital. Penerapan e-commerce menjadi solusi tepat untuk memperkuat pemasaran produk UMKM pedesaan di pasar global. Seiring dengan sosialisasi penggunaan e-commerce, banyak UMKM di pedesaan yang mulai melibatkan diri dalam pelatihan pengembangan produk dan desain agar mampu bersaing di pasar digital. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Negeri Bumi Putera, Waykanan, Lampung. Mata pencaharian utama warga Desa Negeri Bumi Putera, Waykanan selain bertani adalah berdagang. Para pedagang masih berjualan secara tradisional, hal ini menjadi perhatian utama pemerintah Kabupaten Waykanan untuk mengedukasi warga mengenai teknologi untuk menambah pendapatan melalui berdagang. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat di Desa Negeri Bumi Putera Waykanan dilakukan secara langsung dimana tim pengabdian masyarakat memberikan sosialisasi peningkatan literasi pemanfaatan e-commerce sebagai media perluasan pasar.

Article Details

How to Cite
Fathia, S. N., Yuni Nur Susilowati, R. ., Majidah, R., Dwiny Octary, A., Rizki Eka Putri, W., & Rahman, F. (2025). UMKM Desa Berdaya Dengan Menggapai Pasar Global Melalui Revolusi Digital . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 74–80. https://doi.org/10.59066/jpkm.v1i3.1293
Section
Articles