Efektivitas Coaching Clinics dalam Meningkatkan kolaborasi,Kemampuan Dosen dan Praktisi dalam Mengajukan Hibah Penelitian

Main Article Content

Hesri Mintawati
Arjulayana Arjulayana
Dian Sudiantini
Lisa Chandrasari Desianti
Sri Handayani
Leni Rohida
Nina Anggraeni
Poibe Intan Nosa Lince
Suriyanti Suriyanti
Wiwin Winarni
Rossy Lambelanova

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas Coaching Clinics dalam meningkatkan kolaborasi antara dosen dan praktisi serta kemampuan mereka dalam mengajukan hibah penelitian. Coaching Clinics adalah program pelatihan yang dirancang untuk memberikan bimbingan langsung dan dukungan kepada peserta dalam proses pengajuan hibah, yang sering kali menjadi tantangan bagi banyak akademisi dan praktisi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan 100 dosen dan praktisi dari berbagai institusi pendidikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner sebelum dan sesudah program untuk mengukur perubahan dalam kolaborasi dan kemampuan pengajuan hibah. Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi dalam Coaching Clinics secara signifikan meningkatkan tingkat kolaborasi antara dosen dan praktisi, serta kemampuan mereka dalam menyusun proposal hibah yang kompetitif. Selain itu, peserta melaporkan peningkatan kepercayaan diri dan pemahaman tentang proses pengajuan hibah. Temuan ini menunjukkan bahwa Coaching Clinics tidak hanya memperkuat hubungan antara akademisi dan praktisi, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas dan kuantitas proposal penelitian yang diajukan. Oleh karena itu, program ini direkomendasikan sebagai model yang efektif untuk meningkatkan kapasitas penelitian di kalangan dosen dan praktisi, serta mendorong kolaborasi yang lebih erat dalam dunia penelitian.

Article Details

How to Cite
Mintawati, H., Arjulayana, A., Sudiantini, D., Chandrasari Desianti, L., Handayani, S., Rohida, L., Anggraeni, N., Nosa Lince, P. I. ., Suriyanti, S., Winarni, W. ., & Lambelanova, R. (2025). Efektivitas Coaching Clinics dalam Meningkatkan kolaborasi,Kemampuan Dosen dan Praktisi dalam Mengajukan Hibah Penelitian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 65–69. https://doi.org/10.59066/jpkm.v1i2.1104
Section
Articles