Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Roti (Studi Kasus pada UMKM Umma’Q Bakery dan Cake Kampung Kamalaka Kota Serang)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pada UMKM Umma'q Bakery & Cake serta menganalisis strategi pemasaran pada Umma'q Bakery & Cake di Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Data dan informasi yang terkumpul diolah dengan cara menganalisis data. Tujuan analisis data ini yaitu untuk menginterpretasikan dan menarik kesimpulan dari data yang terkumpul. Untuk menganalisis data digunakan analisis deskriptif, matriks evaluasi faktor internal dan matriks evaluasi faktor eksternal, matriks internal dan eksternal, analisis SWOT, dan matrik QSPM. Penelitian ini dilaksanakan di Umma'q Bakery & Cake mulai bulan Maret 2023. Hasil penelitian ini yaitu skor UMKM Umma'q Bakery & Cake pada matriks IFE sebesar 2,879 dengan kekuatan utama yaitu kualitas terjamin dengan skor 0,348 dan kelemahan utama yaitu tidak adanya produksi jika terjadi pemadaman listrik dengan skor 0,134. Nilai matrik EFE yang diperoleh UMKM Umma'q Bakery & Cake sebesar 3,178 dengan peluang terbesar pada hubungan baik dengan pemasok dengan skor 0,42 dan ancaman terkuat adalah bahan baku berkualitas buruk dengan skor 0,492. Matrik QSPM menunjukkan skor tertinggi terdapat pada ST1 yaitu menjaga kestabilan biaya produksi dengan total nilai TAS sebesar 3,952. UMKM Umma'q Bakery & Cake berada pada kuadran II pada matrik Internal-Eksternal.