Analisis Preferensi Konsumen dalam Memilih Kedai Kopi di Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menjamurnya usaha kedai kopi di Kabupaten Tanjung Priok. Persaingan saat ini semakin kuat dan ketat. Sehingga para pemilik usaha kedai kopi harus memiliki strategi yang kuat untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemilik usaha adalah dengan mengetahui preferensi konsumen dalam memilih kedai kopi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah atribut apa saja yang membentuk preferensi konsumen dalam memilih kedai kopi di Kabupaten Tanjung Priok Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi konsumen dalam memilih kedai kopi di Kabupaten Tanjung Priok. Populasi dalam penelitian ini adalah setiap orang yang pernah berkunjung ke kedai kopi di Kabupaten Tanjung Priok, sedangkan sampel sebanyak 75 responden, dengan menggunakan metode Accidental sampling, jenis data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data kuesioner kepada konsumen yang berkunjung ke kedai kopi di Kabupaten Tanjung Priok. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor. Berdasarkan teknik analisis faktor dengan menggunakan 6 atribut, hasil penelitian ini menghasilkan faktor-faktor penting bagi konsumen dalam memilih kedai kopi di Kabupaten Tanjung Priok yaitu: Pada faktor I yaitu Penampilan Kafe dan Produk memiliki nilai varians sebesar (41,222%) dimana nilai varians tersebut merupakan yang terbesar diantara faktor lainnya, Pada faktor II yaitu Fasilitas memiliki nilai varians sebesar (17,853%) dimana nilai varians kedua merupakan yang terbesar, Pada faktor III yaitu Harga memiliki nilai varians sebesar (10,027%) dimana nilai varians ketiga merupakan yang terbesar, Pada faktor IV yaitu Lokasi memiliki nilai varians sebesar (8,110%), dimana nilai varians keempat merupakan yang terkecil dibandingkan dengan faktor lainnya.