PENDAMPINGAN REBRANDING PADA USAHA JAVA KOKEDAMA SOERABAJA KELURAHAN DUKUH PAKIS

Main Article Content

Nabilah Nur Amalina
Sulis Andriani
Adinda Meriayusti
Erlita Widiya Putri
Lingga Gusti Kusuma
Tamara Lisna
Tetin Wulandari
Siti Mawakhiro
Hasna Afifatul Khoiriyah
Ilham Fajar Priangga
Dewi Puspa Arum

Abstract

Rebranding merupakan cara yang dapat dilakukan sebagai solusi terhadap beberapa permasalahan yang sedang dihadapi oleh UMKM diantaranya yaitu kurang luasnya strategi pemasaran yang digunakan dan desain yang kurang menarik. Proses identifikasi masalah di UMKM ini menggunakan metode in-depth interviewIn-depth interview merupakan proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan responden atau orang yang diwawancarai. Pemasaran yang dilakukan beliau ialah WOM atau “Word of Mouth”. Kegiatan rebranding ini dilakukan karena terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh UMKM seperti meningkatkan laba dan mendapatkan keunggulan yang kompetitif. Kokedama bisa diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman herba, tanaman hias, tanaman semusim atau menahun, rumput, paku. Adapun bahan utama yang digunakan untuk pembuatan kokedama yaitu serabut kelapa. Oleh karena itu media tanam ini sering disebut “seni kokedama” sehingga dalam pembuatannya dapat dilihat segi kreativitas pembuatnya. Peluang usaha kokedama perlu dikembangkan oleh masyarakat dikarenakan dapat memperbaiki perekonomian UMKM. Metode yang digunakan untuk pengabdian masyarakat ini ialah metode PAR (Participatory Action Research). Pendampingan rebranding Java Kokedama Soerabaja yang dilakukan oleh KKNT-47 ini bisa dijadikan solusi dalam mengurangi penggunaan pot plastik dan sebagai alternatif untuk rumah yang kondisi halamannya sempit namun tetap asri. Kelebihan lain dengan adanya kokedama juga perawatan yang dilakukan cukup mudah.

Article Details

How to Cite
Nur Amalina , N. ., Andriani , S., Meriayusti, A. ., Widiya Putri, E. ., Gusti Kusuma, L. ., Lisna, T. ., Wulandari, T. ., Mawakhiro, S. ., Afifatul Khoiriyah, H. ., Fajar Priangga, I. ., & Puspa Arum, D. . (2022). PENDAMPINGAN REBRANDING PADA USAHA JAVA KOKEDAMA SOERABAJA KELURAHAN DUKUH PAKIS. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.59066/jppm.v1i2.69
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)