PENDAMPINGAN PEMBUATAN AKUN MARKETPLACE UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT

Main Article Content

Rohana Dewi
Ayuning Fitriya
Darul Islam Darul
Arie Setyo Dwi Purnomo

Abstract

Saat ini kemajuan teknologi sudah banyak berkembang dan sangat bervariasi di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang marketing. Banyak sekali pemanfaatan teknologi yang akhirnya digunakan menjadi proses bisnis. masyarakat sangat kreatif dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi yang mengalami perkembangan yang pesat dengan membuat karya-karya baru, berinovasi, maupun berbisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi yang berkembang pesat. Dengan begitu masyarakat dengan gampang bisa mengakses semua informasi di internet karena kecanggihan teknologi dan informasi pada saat ini. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham akan erkembangan teknologi saat ini, yang memudahkan arus pertukaran informasi, juga mempromosikan sebuah produk dari banyaknya platform yang dapat di manfaatkan salah satunya adalah shopee dan juga tokopedia. Masih banyak pemilik usaha UMKM desa yang memilih menjual produknya hanya di wilayah lokal karena kurangnya pemahaman mengenai perkembangan marketing digital. Tujuan program kerja ini untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat yang masih belum berkembang dan ingin mengembangkan usaha yang dimiliki, sehingga dengan penggunaan shopee dan Tokopedia dapat mengembangkan penjualan secara online dan mempermudah untuk pengiriman hingga luar daerah. Pelaksanaan program ini dilakukan secara offline pada setiap pemilik usaha (UMKM) dengan pembuatan akun shopee dan juga tookpedia. Serta tujuan yang ingin di capai ingin memaksimalkan promosi yang dilakukan secara online agar terlihat lebih menarik. Teknis pelaksaaannya adalah dengan melakukan pengarahan dan pembuatan akun marketplace serta pendampingan hingga para pemilik usaha UMKM tersebut paham dalam mengoperasikan marketplace tersebut

Article Details

How to Cite
Dewi, R. ., Fitriya, A. ., Darul, D. I., & Arie Setyo Dwi Purnomo. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN AKUN MARKETPLACE UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT . Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(3), 76–81. https://doi.org/10.59066/jppm.v2i3.566
Section
Articles