Efektifitas Pembelajaran Murattal Bayati Berbasis Online Dalam Meningkatkan Keterampilan Melagukan Al-Qur`An
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh program yang dikembangkan oleh Komunitas Pejuang Subuh Masjid Raya Pondok Indah (KPS. MRPI), sebagai respons terhadap kebutuhan pembelajaran Al-Qur’an yang diikuti oleh beberapa negara, dan berbagai daerah khususnya di Indonesia dengan pembelajaran murattal bayati yang lebih fleksibel melalui pembelajaran Online, meskipun dilaksanakan berbasis online namun tetap berjalam secara efektif dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran murattal Al-Qur’an irama bayati berbasis Online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif (deskriptif analyses). Dengan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam dengan 5 Informan yang meliputi: Direktur Komunitas Pejuang Subuh Masjid Raya Pondok Indah; Direktur Divisi Pendidikan: dan 3 peserta pelatihan, selain wawancara pengumpulan data dilakukan melalui From Discussion Group (FGD), dokumentasi dan studi kepustakaan melalui literatur riview beeberapa buku, jurnal, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini efektif Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Classical Training Online berjalan efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan dan kualitas bacaan peserta pada saat paraktek teknik 3 dan 5 oktaf dalam membaca Al-Qur’an dengan irama bayati kurdi. Hal ini terlihat pada tingkat memahami peserta dapat membedakan dan mengaplikasikan struktur irama bayati kurdi dengan teknik 3 dan 5 oktaf. Adapun pada tingkat keterampilan peserta pelatihan mampu menerapkan teknik 3 dan 5 oktaf dengan berbagai macam keadaan ayat dengan mengkombinasi irama NAIK-DATAR-TURUN dengan penekanan pada ayat-ayat tertentu, sehingga membuat lantunan lebih bermakna. Adapun kegiatan Evaluasi yang dilakukan pengajar dalam melihat keberhasilan peserta pelatihan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan, dalam penerapannya pertanyaan ini secara umum diberikan diakhir pembelajaran secara lisan pada setiap sesi pembelajaran, namun secara khusus pertanyaan akan diberikan dipertengahan pembelajaran pada saat pemberian feedback setiap peserta pelatihan pada saat sesi praktek individual. Pendekatan daring ini terbukti menjadi solusi yang inovatif dan efisien di era digital, dimana akses pelatihan berkualitas menjadi lebih inklusif, peserta secara umum merasa terbantu dengaan, Fleksibilitas waktu juga merupakan salah satu aspek yang sangat dihargai oleh peserta. Temuin ini memberikan wawasan berharga untuk perbaikan dan pengembangan program pembelajaran murattal Al-Qur’an berbasis online di masa depan.
Article Details

Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan masyarakat by https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/index This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.