Metode Baghdadi Dalam Kontek Pengajaran Al-Qur’an di Masyarakat Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand
Main Article Content
Abstract
Artikel pengabadian kepada masyarakat ini dilatarbelakagi oleh adanya kerjasama yang baik antara Institut Of Qur’anic Sciences (IIQ) Jakarta dengan At-Tarkiah Islamiah Thailand dalam meningkatkan kualitas belajar Al-Quran dan metode pengajarannya. Tujuan program ini untuk menjalankan strategi metode Baghdadi dalam pengajaran Al-Quran di masyarakat Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand, menilai keefektifan metode Baghdadi dalam pengajaran Al-Quran yang digunakan di masyarakat tersebut, dan untuk mengalisis faktor pendukung dan penghambat. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan menggunakan 4 tahapan, yaitu tahapan persiapan pra-survei, pembuatan tim, pembentukan proposal, dan koordinasi tim dan mitra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Strategi pengajaran Al-Quran dengan metode Bagdadi yang dilakukan oleh dosen dan para mahasiswa di masyarakat Narathiwat Thailand adalah dengan mengadakan workshop, pengarahan motivasi belajar Al-Quran, dan belajar Al-Quran dengan klasikal, 2). Metode Baghdadi adalah sangat efektif, karena metode ini baru bagi mereka; mereka bisa mengikuti, mudah, menarik dan menyenangkan dalam proses pembelajarannya, dan 3). Faktor pendukung dalam belajar Al-Quran metode Baghdadi dan menghafalnya adalah adalah semangat yang tinggi dalam belajar, cinta kepada Al-Quran, sarana dan prasarana yang mendukung (tempat yang tersedia), dan suka terhadap metode ini. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pendidik, waktunya singkat, faktor bahasa, dan metode ini baru serta pembelajaran Al-Quran kurang merata di masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan kualitas bacaan Masyarakat Narathiwat Thailand meningkat baik dan mereka semakin cinta belajar Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Article Details

Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan masyarakat by https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/index This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.