Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Masyarakat Jelupang Tangerang Selatan Melalui Pendekatan Participatory Action Research (PAR)

Main Article Content

Pahrurroji Pahrurroji
Anti Isnaeni
Fauziyah Muliyaningsih

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Al-Qur’an warga Muslim di Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang menekankan pembelajaran dialogis, identifikasi masalah secara kolektif, dan pemberdayaan masyarakat sebagai subjek aktif dalam proses peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an. Dengan menggunakan desain metode campuran melalui observasi, wawancara, pre-test, dan post-test, program ini mengevaluasi peningkatan kemampuan peserta dalam memahami tajwid, ketepatan makhārij al-urūf, serta kelancaran membaca secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek teknis pembacaan, seperti pengucapan huruf, penerapan kaidah tajwid, ritme dan kelancaran bacaan, serta meningkatnya rasa percaya diri peserta. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong tumbuhnya motivasi, kesadaran spiritual, dan komitmen peserta untuk terus belajar Al-Quran secara mandiri maupun bersama kelompok. Pendekatan PAR terbukti berhasil membangun dinamika pembelajaran sebaya dan kepemilikan komunitas terhadap program, sehingga melahirkan kelompok belajar lokal yang berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendampingan berbasis PAR merupakan model efektif untuk pemberdayaan keagamaan dan pendidikan Islam berbasis komunitas, karena mampu menciptakan siklus transfer pengetahuan yang berkesinambungan serta memperkuat keberlanjutan program literasi Al-Qur’an di lingkungan masyarakat perkotaan.

Article Details

How to Cite
Pahrurroji, P., Anti Isnaeni, & Fauziyah Muliyaningsih. (2024). Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Masyarakat Jelupang Tangerang Selatan Melalui Pendekatan Participatory Action Research (PAR). Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 50–59. https://doi.org/10.59066/jppm.v3i1.1825
Section
Articles