Peran Mahasiswa Kukerta UIN SMH Banten dalam Mengedukasi Siswa SMK terkait Pergaulan Bebas: Studi Implementatif di SMK An-Nur Bunar

Main Article Content

Alfathir Zahy Alwaan
Wardatul Hidayah
Budi Mulyadi
Agil Barqy M
Muhammad Ibni Fauzan
Adhi kusuma

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam mengedukasi siswa SMK An-Nur Bunar tentang bahaya pergaulan bebas. Fenomena pergaulan bebas, yang mencakup seks bebas, narkoba, dan penyalahgunaan media sosial, menjadi isu sosial yang serius, diperburuk oleh lemahnya pendidikan karakter dan pengaruh lingkungan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi implementatif, penelitian ini mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Lokasi penelitian dipilih secara purposive di SMK An-Nur Bunar, dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KKN berhasil berperan sebagai agen perubahan dengan menggunakan strategi partisipatoris seperti diskusi, simulasi kasus, dan media kreatif untuk menumbuhkan kesadaran moral siswa. [cite_start]Pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya pergaulan bebas dan mendorong perubahan sikap positif. [cite_start]Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kolaborasi dengan pihak sekolah dan guru BK menjadi faktor pendukung utama keberhasilan program. [cite_start]Penelitian ini menyimpulkan bahwa program KKN dapat menjadi model intervensi sosial yang efektif untuk pembinaan karakter remaja jika dirancang secara kontekstual dan komunikatif.  

Article Details

How to Cite
Alwaan, A. Z., Hidayah, W. ., Mulyadi, B. ., Barqy M, A. ., Ibni Fauzan, M. ., & kusuma, A. . (2025). Peran Mahasiswa Kukerta UIN SMH Banten dalam Mengedukasi Siswa SMK terkait Pergaulan Bebas: Studi Implementatif di SMK An-Nur Bunar . Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(3), 268–274. https://doi.org/10.59066/jppm.v4i3.1538
Section
Articles