Penyuluhan Kepemimpinan Islami: Strategi Komunikasi dan Manajemen Emosi Rasulullah SAW di Era Digital

Main Article Content

Rian Kartika Sari Rian
Gina Agiyani
Mukti Ali

Abstract

Penyuluhan Kepemimpinan cerdas (smart leadership) yang merujuk pada keteladanan Nabi Muhammad SAW, dengan fokus pada dua kompetensi utama yang relevan dalam era digital: komunikasi efektif dan manajemen emosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur yang bersumber dari perspektif Pendidikan Agama Islam, Ilmu Komunikasi, dan Sistem Informasi. Di tengah era digital yang sarat keterbukaan informasi dan komunikasi lintas platform, kemampuan Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan pesan secara persuasif dan empatik, serta keteladanan dalam mengelola emosi, menjadi inspirasi penting bagi pemimpin generasi milenial dan Z. Hasil kajian menunjukkan bahwa model kepemimpinan yang menekankan nilai-nilai humanis, kontekstual, dan spiritual memiliki relevansi tinggi dalam menjawab tantangan kepemimpinan masa kini. Artikel ini menawarkan kerangka konseptual untuk pengembangan gaya kepemimpinan yang efektif dalam mengelola komunikasi dan emosi di ruang digital. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidikan kepemimpinan yang berorientasi nilai dan konteks zaman.

Article Details

How to Cite
Rian, R. K. S., Gina Agiyani, & Mukti Ali. (2025). Penyuluhan Kepemimpinan Islami: Strategi Komunikasi dan Manajemen Emosi Rasulullah SAW di Era Digital. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 75–84. Retrieved from https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/article/view/1287
Section
Articles

References

Febriana, W., Nengsih, D., Asmendri, A., & Sari, M. (2024). Meneladani gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam pendidikan Islam. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 217–222. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.441

Hayward, J. (2021). The leadership of Muhammad: A historical reconstruction. Claritas Books. https://en.wikipedia.org/wiki/The_Leadership_of_Muhammad

Jiang, H., & Shen, H. (2021). Emotions and engagement on social media: Exploring the impact of emotional appeals in social media communication. Public Relations Review, 47(1), 101984. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.101984

Kessi, A. M. P., Suwardi, W. Z., Mukhtar, A., Asmawiyah, A., & Pratiwi, D. A. R. (2022). Islamic leadership, emotional intelligence, and spiritual intelligence on passion of work and performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.52970/grhrm.v2i1.87

Muafi. (2022). The effect of emotional intelligence in Islamic perspective on affective commitment: The moderating role of "Diuwongke" in Islamic perspective. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration, 13(1), 1–18. https://doi.org/10.2478/hjbpa-2022-0001

Mujahid, K., Azis, M. A., & Chabib, M. (2025). Meneladani gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam pendidikan Islam. TSAQOFAH, 5(1), 1131–1142. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i1.4738

Nuraliza, V., & dkk. (2024). Peran komunikasi politik dalam membentuk opini publik menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Komunikasi Politik, 15(2), 120-135. https://prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/2514

Rahmawaty, A., Rokhman, W., Bawono, A., & Irkhami, N. (2021). Emotional intelligence, spiritual intelligence, and employee performance: The mediating role of communication competence. International Journal of Business and Society, 22(3), 1–15. https://doi.org/10.33736/ijbs.3754.2021

Sari, F. (2022). Kajian smart leadership pada kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban Islam. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(2), 287–294. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i2.682

Sulidar, S., Yuslem, N., Is, F., Rambe, U. K., & Wildan, T. (2022). Kesuksesan manajemen komunikasi dan psikologi Nabi Muhammad SAW dalam mengatasi masalah keluarga. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 6(3). https://doi.org/10.29240/alquds.v6i3.5490

Uyun, M. (2025). Islamic education system in welcoming the era of Society 5.0. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.1234/istawa.2025.7.2.