Sosialisasi Pembelajaran Al-Quran Melalui Metode Demonstrasi dan Praktik dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Santri di Ponpes Al-Basyir Bogor

Main Article Content

Reksiana Reksiana
Zalfa Zahiyah Putri
Belda Azizatul Husaeni

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keagamaan santri di Pondok Pesantren Al-Basyir melalui optimalisasi pembelajaran Al-Qur'an. Fokus utama dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan pembelajaran Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini adalah metode diskusi, demonstrasi, dan praktik. Metode diskusi digunakan untuk membangun pemahaman konseptual terkait materi pembelajaran Al-Qur’an. Sementara metode demonstrasi berfungsi untuk mencontohkan bacaan Al-Qur'an dengan mengintegrasikan tilawah dan salah satu ragam bacaan Qiraat. Selanjutnya metode praktik memberikan kesempatan kepada santri untuk menerapkan langsung materi yang telah diberikan dengan bimbingan langsung dari tim PkM. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan adanya  dampak positif yang terlihat dari beberapa hal yaitu  pertama, adanya antusiasme dan berpartisipasi aktif santri selama proses pembelajaran. Kedua, para santri juga dapat menunjukkan penerapan  salah satu bentuk tilawah (Naghom) dengan murattal dan mempraktikkan salah satu bacaan Ilmu Qiraat pada surat Al-Fatihah dan An-Nas. Dengan demikian, kegiatan PkM ini memberikan kontribusi positif  pada peningkatan literasi keagamaan para santri  khususnya di kelas XII SMA di Pondok Pesantren Al-Basyir.

Article Details

How to Cite
Reksiana, R., Zalfa Zahiyah Putri, & Husaeni, B. A. . (2025). Sosialisasi Pembelajaran Al-Quran Melalui Metode Demonstrasi dan Praktik dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Santri di Ponpes Al-Basyir Bogor . Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 146–156. https://doi.org/10.59066/jppm.v4i2.1284
Section
Articles

References

Arifin, M. (2023). Model pembelajaran interaktif dalam literasi agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 140–150. https://jurnal.stainmadura.ac.id/1465

Asikin, H. (2024). Pemahaman literasi pendidikan agama Islam dalam era digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1178–1186. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7221

Baharsyah, U. B., & Said, A. (2023). Penerapan metode Bilqolam untuk peningkatan bacaan Al-Qur’an siswa-siswi SD Islam Terpadu Iqro Karangploso-Malang. Journal Islamic Studies, 3(1), 19–27. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/1504

Firmansyah, D., & Rakhmat, A. (2024). Penerapan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Qira’ah di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Education, 8(1), 56–68. https://doi.org/10.13057/jie.v8i1.1849

Hidayanti, L., Awaliyah, S., & Hady, N. (2021). Pengaruh pemberian apersepsi scene setting terhadap kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran PPKN. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2187–2193. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Ibda, H. (2022). Ekologi perkembangan anak, ekologi keluarga, ekologi sekolah dan pembelajaran. Jurnal Kependidikan Islam dan Keagamaan, 4(2), 75–93. https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/98

Khoeron, M. (2023). Survei Kemenag, indeks literasi Al-Qur’an kategori tinggi. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W

Khoiriyah, K. (2023). Internalisasi pendidikan multikultural di pesantren. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 70. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1810

Nasir, M. (2024). Implementasi literasi al-Qur’an melalui kegiatan kepesantrenan di Pondok Pesantren Hj. Haniah Kab. Maros (Tesis Magister, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). https://repositori.uin-alauddin.ac.id/27054/

Nugraha, R., & Fadillah, D. (2023). Metode pembelajaran Al-Qur’an untuk anak-anak dengan pendekatan multisensori. Journal of Islamic Studies and Education, 11(2), 210–225. https://doi.org/10.1155/jise.v11i2.809

Oktaviani, R., & Asyari, H. (2024). Evaluasi program literasi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 34–45. https://ejournal.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/1163

Rahman, M. I., & Nurhasanah, S. (2023). Optimalisasi pembelajaran Al-Qur’an berbasis teknologi informasi di pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 120–135. https://doi.org/10.14421/jpai.v9i2.355

Reid, E. (2024). Preservice teacher views on critical religious literacy to counteract epistemic injustice in teacher education programs. Religions, 15(6). https://doi.org/10.3390/rel15060677

Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi peran apersepsi untuk meningkatkan kesiapan belajar anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 18. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi

Satria, D., & Mulyani, H. (2022). Pengembangan program pembelajaran Al-Qur’an di sekolah dasar. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 14(2), 99–110. https://journal.uinsby.ac.id/index.php/jspi/article/view/1920

Sinaga, D. Y., & Setiawan, H. R. (2024). Program pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(1). https://jurnal.faiunwir.ac.id

Wahidah, N., Damayanti, R., Salamah, L., & Lestari, S. (2022). Pengembangan sains anak usia dini melalui pendampingan penggunaan metode pembelajaran demonstrasi di TK Dewi Masyithoh 58 Grenden-Puger. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 114–121. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/1105

Zaini, M., & Hafizah, N. (2020) Problematika Penulisan Al-Qur'an dengan Rasm Usmani pada Al-Qur'an Cetakan Indonesia dan Malaysia. Tafse: Journal of Qur'anic Studies, 5(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/tafse/article/download/12508/pdf