Sosialisasi Pembelajaran Al-Quran Melalui Metode Demonstrasi dan Praktik dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Santri di Ponpes Al-Basyir Bogor
Main Article Content
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keagamaan santri di Pondok Pesantren Al-Basyir melalui optimalisasi pembelajaran Al-Qur'an. Fokus utama dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan pembelajaran Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini adalah metode diskusi, demonstrasi, dan praktik. Metode diskusi digunakan untuk membangun pemahaman konseptual terkait materi pembelajaran Al-Qur’an. Sementara metode demonstrasi berfungsi untuk mencontohkan bacaan Al-Qur'an dengan mengintegrasikan tilawah dan salah satu ragam bacaan Qiraat. Selanjutnya metode praktik memberikan kesempatan kepada santri untuk menerapkan langsung materi yang telah diberikan dengan bimbingan langsung dari tim PkM. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan adanya dampak positif yang terlihat dari beberapa hal yaitu pertama, adanya antusiasme dan berpartisipasi aktif santri selama proses pembelajaran. Kedua, para santri juga dapat menunjukkan penerapan salah satu bentuk tilawah (Naghom) dengan murattal dan mempraktikkan salah satu bacaan Ilmu Qiraat pada surat Al-Fatihah dan An-Nas. Dengan demikian, kegiatan PkM ini memberikan kontribusi positif pada peningkatan literasi keagamaan para santri khususnya di kelas XII SMA di Pondok Pesantren Al-Basyir.
Article Details
Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan masyarakat by https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/index This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arifin, M. (2023). Model pembelajaran interaktif dalam literasi agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 140–150. https://jurnal.stainmadura.ac.id/1465
Asikin, H. (2024). Pemahaman literasi pendidikan agama Islam dalam era digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1178–1186. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7221
Baharsyah, U. B., & Said, A. (2023). Penerapan metode Bilqolam untuk peningkatan bacaan Al-Qur’an siswa-siswi SD Islam Terpadu Iqro Karangploso-Malang. Journal Islamic Studies, 3(1), 19–27. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/1504
Firmansyah, D., & Rakhmat, A. (2024). Penerapan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Qira’ah di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Education, 8(1), 56–68. https://doi.org/10.13057/jie.v8i1.1849
Hidayanti, L., Awaliyah, S., & Hady, N. (2021). Pengaruh pemberian apersepsi scene setting terhadap kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran PPKN. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2187–2193. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Ibda, H. (2022). Ekologi perkembangan anak, ekologi keluarga, ekologi sekolah dan pembelajaran. Jurnal Kependidikan Islam dan Keagamaan, 4(2), 75–93. https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/98
Khoeron, M. (2023). Survei Kemenag, indeks literasi Al-Qur’an kategori tinggi. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W
Khoiriyah, K. (2023). Internalisasi pendidikan multikultural di pesantren. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 70. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1810
Nasir, M. (2024). Implementasi literasi al-Qur’an melalui kegiatan kepesantrenan di Pondok Pesantren Hj. Haniah Kab. Maros (Tesis Magister, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). https://repositori.uin-alauddin.ac.id/27054/
Nugraha, R., & Fadillah, D. (2023). Metode pembelajaran Al-Qur’an untuk anak-anak dengan pendekatan multisensori. Journal of Islamic Studies and Education, 11(2), 210–225. https://doi.org/10.1155/jise.v11i2.809
Oktaviani, R., & Asyari, H. (2024). Evaluasi program literasi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 34–45. https://ejournal.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/1163
Rahman, M. I., & Nurhasanah, S. (2023). Optimalisasi pembelajaran Al-Qur’an berbasis teknologi informasi di pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 120–135. https://doi.org/10.14421/jpai.v9i2.355
Reid, E. (2024). Preservice teacher views on critical religious literacy to counteract epistemic injustice in teacher education programs. Religions, 15(6). https://doi.org/10.3390/rel15060677
Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi peran apersepsi untuk meningkatkan kesiapan belajar anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 18. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi
Satria, D., & Mulyani, H. (2022). Pengembangan program pembelajaran Al-Qur’an di sekolah dasar. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 14(2), 99–110. https://journal.uinsby.ac.id/index.php/jspi/article/view/1920
Sinaga, D. Y., & Setiawan, H. R. (2024). Program pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(1). https://jurnal.faiunwir.ac.id
Wahidah, N., Damayanti, R., Salamah, L., & Lestari, S. (2022). Pengembangan sains anak usia dini melalui pendampingan penggunaan metode pembelajaran demonstrasi di TK Dewi Masyithoh 58 Grenden-Puger. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 114–121. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/1105
Zaini, M., & Hafizah, N. (2020) Problematika Penulisan Al-Qur'an dengan Rasm Usmani pada Al-Qur'an Cetakan Indonesia dan Malaysia. Tafse: Journal of Qur'anic Studies, 5(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/tafse/article/download/12508/pdf