Penguatan Kesehatan Mental Remaja dengan Psikologi Islami di MA Al-Islamiyah Sawangan Depok

Main Article Content

Syahidah Rena Muhammad
Agus Tri Lestari
Pera Patmawati

Abstract

Kesehatan mental remaja adalah aspek krusial dalam pembangunan sumber daya manusia, terutama di era digital yang memengaruhi kesejahteraan emosional dan spiritual. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kesehatan mental siswa MA Al-Islamiyah Sawangan, Depok, melalui pendekatan psikologi Islami yang menekankan dimensi spiritual, seperti dzikir dan introspeksi diri. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, penyuluhan, dan diskusi interaktif. Materi yang diberikan terdiri dari pemahaman kesehatan mental dalam perspektif Islam, identifikasi permasalahan mental, serta strategi untuk mengatasi gangguan mental seperti FOMO dan cyberbullying. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dengan pendekatan Islami, serta kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan mengelola masalah kesehatan mental. Program ini memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung kesehatan mental remaja dan dapat menjadi model inspiratif bagi lembaga pendidikan lain, dengan harapan dapat terus dikembangkan untuk manfaat yang lebih luas bagi generasi muda.

Article Details

How to Cite
Muhammad, S. R., Lestari, A. T. ., & Patmawati, P. . (2025). Penguatan Kesehatan Mental Remaja dengan Psikologi Islami di MA Al-Islamiyah Sawangan Depok . Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 157–163. Retrieved from https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/article/view/1276
Section
Articles

References

Ahmad, Siddig. Long, Ahmad Sunawari. Malek, J. A. M. (2022). A Significance On The Importance Of Mujāhadah.pdf.

Al-Ghazali. (2004). Ihya Ulum al-Din [Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama]. Penerbit Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah.

Bagis, F., Adawiyah, W. R., Purnomo, R., & Sudjadi, A. (2024). Exploring Islamic Spiritual Well-Being: Conceptualization and Validation of a Measurement Scale. Islamic Guidance and Counseling Journal, 7(2). https://doi.org/10.25217/0020247473500

Elsayed, K.G. Lestari, A.A. Brougham, F. A. (2023). Role of Religion in Shaping Ethical and Moral Values Among the Youths in Athens, Greece. Journal of Sociology, Psychology & Religious Studies, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.53819/81018102t5153

Elzamzamy, K., Naveed, S., & Dell, M. L. (2024). Religion, spirituality, and pediatric mental health: a scoping review of research on religion and spirituality in the Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry from 2000 to 2023. Frontiers in Psychiatry, 15(October), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2024.1472629

Halafoff, A., Shipley, H., Young, P. D., Singleton, A., Rasmussen, M. Lou, & Bouma, G. (2020). Complex, critical and caring: Young people’s diverse religious, spiritual and non-religious worldviews in Australia and Canada. Religions, 11(4). https://doi.org/10.3390/rel11040166

Hamidi, F., Bagherzadeh, Z., & Gafarzadeh, S. (2010). The role of islamic education in mental health. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 1991–1996. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.402

Hodge, D. R., Bonifas, R. P., & Chou, R. J.-A. (2010). Spirituality and Older Adults: Ethical Guidelines to Enhance Service Provision. Advances in Social Work, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.18060/262

Ismail, S. (2020). I Implikasi Konsep Fikir Dan Dzikir Dalam Pendidikan Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 319–332. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.145

Kaushik, D., & Garg, M. (2024). Holistic approaches to mental health: integrating mind, body, and spirit for comprehensive well-being. International Journal of Advanced Biochemistry Research, 8(3S), 295–299. https://doi.org/10.33545/26174693.2024.v8.i3sd.783

Koenig, H. G. (2012). Religion, Spirituality, and Health: The Research and Clinical Implications. ISRN Psychiatry, 2012, 1–33. https://doi.org/10.5402/2012/278730

Napilah, P., Truna, D. S., & Albustomi, A. G. (2024). The Power of Belief : Unpacking Religion ’ s Role in Mental Health Outcomes. 14(2), 103–114.

Rathakrishnan, B., Singh, S. S. B., Yahaya, A., Kamaluddin, M. R., Ibrahim, F., & Rahman, Z. A. (2022). Academic stress and life satisfaction as social sustainability among university students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1778–1786. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22682

Smith, M. K., Kiss, R., & Chan, I. Y. F. (2022). The role of spirituality in young peoples’ wellness and travel. International Journal of Tourism, 5(2), 131–144. https://doi.org/10.22133/IJTCS.2022.351763.1105

Uyun, M. (2023). Islamic of Psychology: A Literature Review Understanding the Concept of Religious Moderation Among Students at University. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4461–4471. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4551