PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ADAPTASI STRATEGI PEMASARAN UMKM SAAT PANDEMI COVID-19: TINJAUAN LITERATUR

Main Article Content

Hendro Sukoco
Aldila Krisnaresanti

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah operasional dan pemasaran bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara drastis, khususnya dalam kaitan terhadap platform digital dan media sosial. Studi naratif ini bertujuan untuk meninjau literatur yang ada dan memahami bagaimana UMKM di Indonesia mengadaptasi strategi pemasaran mereka melalui media sosial akibat adanya pandemi Covid-19. Melalui pengumpulan data dari berbagai sumber literatur yang meliputi artikel jurnal, laporan industri, dan studi empiris, penelitian ini menyelidiki dinamika perubahan strategi pemasaran digital yang diimplementasikan oleh UMKM. Temuan utama mengungkapkan bahwa adaptasi dalam strategi media sosial, termasuk peningkatan frekuensi posting, penggunaan konten yang lebih interaktif, dan pemanfaatan fitur-fitur yang ada pada media sosial telah berkontribusi signifikan terhadap keberlangsungan bisnis UMKM selama pandemi. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang efektivitas strategi pemasaran adaptif UMKM dan mengidentifikasi tantangan yang masih dihadapi oleh UMKM. Hasil kajian ini dapat dijadikan panduan bagi UMKM dalam merumuskan strategi pemasaran media sosial yang lebih efektif di masa depan, serta memberikan rekomendasi kepada pembuat kebijakan dalam mendukung sektor UMKM

Article Details

How to Cite
Sukoco, H., & Aldila Krisnaresanti. (2024). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ADAPTASI STRATEGI PEMASARAN UMKM SAAT PANDEMI COVID-19: TINJAUAN LITERATUR. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.59066/jmae.v3i1.665
Section
Articles