ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENJADI NASABAH KPR BTN IB DI BTN SYARIAH

Main Article Content

Syamsiar Zahrani
Marpina Marpina

Abstract

KPR Bersubsidi merupakan produk dari perbankan yang ditujukan untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam mendanai kebutuhan kepemilikan rumah. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui pengaruh dari Experiential Marketing maupun Brand Trust pada keputusan menjadi nasabah KPR Bersubsidi BTN iB di BTN Kantor Cabang Syariah Palembang. Penelitian menerapkan metode deskriptif kuantitatif, total sampelnya sejumlah 100 orang, adapun responden yang dipakai yakni nasabah KPR Bersubsidi BTN iB. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data antara lain wawancara pihak bank serta memberikan kuesioner pada responden. Dalam menganalisis dan membuktikan hal tersebut, maka dipergunakan uji asumsi klasik mencakup: uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas.  Selanjutnya regresi linear berganda. Kemudian pengujian hipotesis mencakup: uji T, uji F, R2. Temuan yang didapat antara lain: 1) Ditinjau dari Uji t terdapat pengaruh dari Experiential Marketing terhadap Keputusan Menjadi Nasabah KPR Bersubsidi BTN iB, 2) Ditinjau dari Uji t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Brand Trust pada Keputusan Menjadi Nasabah KPR Bersubsidi BTN iB, 3) Ditinjau dari Uji F terdapat pengaruh Experiential Marketing dan Brand Trust secara simuktan pada Keputusan Menjadi Nasabah KPR Bersubsidi BTN Ib

Article Details

How to Cite
Zahrani, S., & Marpina, M. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENJADI NASABAH KPR BTN IB DI BTN SYARIAH. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 1(3), 73–79. https://doi.org/10.59066/jmae.v1i3.248
Section
Articles