Analisis Sensitivitas Harga dan Loyalitas Konsumen terhadap Minyak Goreng Kemasan di Kota Serang (Studi Kasus pada Minyak Goreng Merek Filma, Sunco, dan Tropical)

Main Article Content

Sri Mulyati
Dimas Nurhidayat
Johan Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sensitivitas harga dan loyalitas konsumen terhadap minyak goreng kemasan merek Filma, Sunco, dan Tropical. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Metode analisis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 96 responden dengan kriteria ibu rumah tangga sebagai responden penelitian. Metode Huisman digunakan untuk menganalisis sensitivitas harga dan metode piramida loyalitas untuk menganalisis tingkat loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen minyak goreng kemasan merek Filma lebih sensitif terhadap perubahan harga daripada minyak goreng kemasan merek Sunco dan Topical; konsumen minyak goreng kemasan merek Filma memiliki tingkat loyalitas yang lebih rendah, sedangkan loyalitas pada minyak goreng kemasan merek Sunco dan Tropical sudah baik

Article Details

How to Cite
Mulyati , S., Nurhidayat, D., & Setiawan, J. (2025). Analisis Sensitivitas Harga dan Loyalitas Konsumen terhadap Minyak Goreng Kemasan di Kota Serang (Studi Kasus pada Minyak Goreng Merek Filma, Sunco, dan Tropical). Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(2), 904–911. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i2.1847
Section
Articles

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Serang. (2025). Kota Serang Dalam Angka 2025. BPS Kota Serang. Serang. 520 hal.

Al-Mamun, Abdullah, Muhammad Khalilur Rahman, S.D. Robel. (2014). “A Critical Review of Consumers; Sensitivity to Price: Managerial and Theoritical Issues” Journal of International Bussines and Economics, Vol.2 No.2.

Aminah, S. (2010). Bilangan Peroksida Minyak Goreng Curah dan Sifat Organoleptik Tempe Pada Pengulangan Penggorengan. Jurnal Pangan dan Gizi Vol 1: 7-13. https://doi.org/10.26714/jpg.1.1.2010.%25p

Nadilla, N., Abubakar, A. A., & Junaidi, J. (2021). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Minyak Goreng Kemasan dan Curah di Pasar Beureunuen Kecamatan Mutiara. Jurnal Agroristek, 4(2): 62–69.

Badan Pangan Nasional. (2023). Direktori Konsumsi Pangan Kabupaten/Kota Tahun 2023 Wilayah Jawa, Bali, dan Kalimantan. Badan Pangan Nasional. Jakarta.

Badan Pangan Nasional. (2024). Direktori Perkembangan Konsumsi Pangan Nasional dan Provinsi Tahun 2020-2024. Badan Pangan Nasional. Jakarta.

Elizabeth, B. (2008). Analisis Loyalitas Konsumen Dan Sensitivitas Harga Beberapa Merek Kecap Manis Di Kota Depok. Institut Pertanian Bogor.

Frontier Consulting Group. (2024). Top Brand Index. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/. (20 Juli 2024)

Kementerian Perdagangan. (2024). Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP). https://sp2kp.kemendag.go.id/. (23 Desember 2024)

Riyanto & Hatmawan. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Sleman: Deepublish.

Savitri, D. R. (2019). Analisis Sensitivitas Harga Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Minyak Goreng Kemasan Dan Minyak Goreng Curah Di Kota Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sianturi WJ, Hasyim AI, dan Situmorang S. (2016). Sikap dan pengambilan keputusan konsumen dalam membeli ayam potong di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis,4 (4): 406-413. https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JIA/article/view/1523/1377

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Togatorop, R. P., Lestari, D. A. H., & Sayekti, W. D. (2022). ANALISIS SIKAP, LOYALITAS, DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN BIMOLI DAN SANIA DI PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 10(1), 116–123. https://doi.org/10.23960/jiia.v10i1.5699