Analisis Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Konsumen E-Commerce Shoppe di Kota Karawang)

Main Article Content

Melinda Leoni Cordelia
Neysa Yasmine Aneira Saputra

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk beraktivitas di rumah, termasuk berbelanja. Pada saat ini belanja online sudah menjadi kegiatan yang dipilih agar masyarakat tetap berdiam diri dirumah. Hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya perubahan konsumen ke arah digital dan memanfaatkan layanan online seperti e-commerce dan media sosial. Tak hanya dirasakan oleh kalangan ibu rumah tangga dan pekerja, hampir semua gender dari berbagai kalangan usia merasakan dampaknya. Saat ini E – commerce yang banyak peminatnya yaitu Shopee. Tujuan penelitian dalam laporan ini adalah untuk mencari tahu mengenai perubahan perilaku masyarakat konsumen E – commerce Shopee pada masa Covid - 19. Objek dalam artikel ini adalah terdiri dari masyarakat di wilayah Karawang yang menjadi pelaku konsumen. Melalui Google Formulir, hasil yang didapat akan dibahas secara menyeluruh mengenai perubahan perilaku konsumen yang memutuskan untuk melakukan pembelian secara online.

Article Details

How to Cite
Cordelia, M. L., & Aneira Saputra, N. Y. . (2025). Analisis Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Konsumen E-Commerce Shoppe di Kota Karawang). Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(1), 286–294. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i1.1460
Section
Articles

References

Amsari, S., & Sari, D. P. (2022). Consumer factors in deciding to purchase online at Shopee e-commerce during the COVID 19 pandemic. Proceedings: International Seminar of Islamic Studies. Retrieved from https://ijabo.a3i.or.id/index.php/ijabo/article/view/161

Asna. (n.d.). Analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor pada mahasiswa se-Malang Raya. Jurnal Ekonomi Modernisasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Kanjuruhan Malang.

Cordelia, M. L., Saputra, N. Y. A., & Nopiana, M. (2022). Analisis perubahan perilaku konsumen e-commerce Shopee pada masa pandemi COVID-19 (Studi pada konsumen e-commerce Shopee di Kota Karawang). YUME: Journal of Management. Retrieved from https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/1602

Daniel. (2020, November 16). Inilah pengertian perilaku konsumen menurut para ahli. Retrieved from https://ekonomimanajemen.com/pengertian-perilaku-konsumen-menurut-para-ahli/

Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (1995). Consumer behaviour (International ed.). Prentice Hall.

Fatma, A. I., & Saino. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kereta api komuter tujuan Lamongan–Surabaya.

Firmandani, W., Sya’bania, A. F., Abdani, F., & Madani, E. (2022). Analysis of Indonesian consumer online shopping behavior during the COVID-19 pandemic: A Shopee case study. The International Journal of Business Review (The Jobs Review). https://doi.org/10.17509/tjr.v4i2.40524

Hawkins, D. I., Best, R. J., & Coney, K. A. (2011). Consumer behaviour: Building marketing strategy (8th international ed.). Irwin McGraw-Hill.

Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran (Edisi milenium). Jakarta: PT Prenhallindo.

Loudon, D. L., & Della Bitta, A. J. (1993). Consumer behavior: Concepts and applications. Singapore: McGraw-Hill, Inc.

Sari, F. R. (2014). Pengaruh perilaku konsumen terhadap transaksi berbasis e-commerce: Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Undergraduate thesis). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Analisa marketing mix, lingkungan sosial, psikologi terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2).

Silalahi, F., & Chaniago, H. (2021). Analysis of changes in Shopee’s e-commerce consumer behavior during the Covid 19 pandemic in Bandung City. International Journal Administration, Business & Organization, 2(1), 79 88. Retrieved from https://ijabo.a3i.or.id/index.php/ijabo/article/view/161

Sugiyono. (2007). Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Supranto, J. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi (Edisi I, Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2001). Analisis Perilaku Konsumen (Edisi Keempat).

Swastha, B., & Irwan, H. (2003). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Galaxy Series. Jurnal UG, 7(5).