Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah

Main Article Content

Julian Meita Putri
Irwan Septayuda Irwan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswi Universitas Bina Darma yang membeli produk kosmetik merek wardah yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel diambil menggunakan rumus Lemeshow yang diperoleh sebanyak 96 orang mahasiswi. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk wardah, kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk wardah dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk wardah. Kemudian secara simultan variabel persepsi harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk wardah. Kesimpulannya bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel persepsi harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk wardah.

Article Details

How to Cite
Julian Meita Putri, & Irwan, I. S. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(1), 274–285. Retrieved from https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JMAE/article/view/1397
Section
Articles

References

Agusta. (2020). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.

Anggriani, N. L., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Hamali, 3(1), 14–29.https://doi.org/10.37531/yum.v3i1.580

BPOM. (2013). Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pengawet. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2013.

Dewi, D. F., & Hadisuwarno, H. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Nako Kalisari. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 823–841. Retrieved from https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb/article/view/711

Dinka Wardah Robiah, & Nopiana, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME : Journal of Management, 5(1), 433–441. https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1545

Emylia. (2019). Perilaku Konsumen: Ruang Lingkup dan Konsep Dasar. Bhakti Persada.

Kamila, N. C., & Khasanah, I. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ikan dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 11(6), 1–12. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36615

Karnowati, N. B., Astuti, H. J., Pujiharto, P., & Fitriati, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Pengalaman, Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.2621

Khumaeroh, F. A., Yanusa, N., Yulianto, A., & Riono, S. B. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus di Toko Kosmetik Levina Beauty Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 1–14. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/jecmer/article/view/110

Nasution. (2020). Perilaku Konsumen. Kencana.

Puspasari, D., Amalia, D., Pamungkas, E. W., Hendraliany, S., & Fitriani, D. (2024). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kontak Pada Diens Optik Purwakarta. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (EMT) KITA, 8(3), 974–983. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2791

Ramahdani, N. I., & Fairliantina, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffe. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 18–29.

Riswandi, R., Rianto, T., & Ginanjar, N. S. (2020). Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomak, 6(1), 76–87. Retrieved from https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/229

Romadhon, Pramusinto, M. A., & Kamelia, S. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3), 672–682.https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7080

Saktiana, N., & Miftahuddin, M. A. (2021). Pengaruh Sikap Konsumen, Persepsi Harga Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal (Studi pada Konsumen Pengguna Kosmetik Berlabel Halal di Purwokerto). Jurnal Manajemen, 4(3), 45–62.https://doi.org/10.30595/jmbt.v1i1.10405

Salma, F. A., Saryadi, & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 758–763. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2022.36079

Sulistyawati, B. S., Istiqomah, F. N., Mustofa, H., Diski, K. M., Melati, N. V. S., & Rahadhini, M. D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Wardah Cosmetics Surakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 770–778. https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19821

Sumaryanto. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 9(1), 93–110. https://doi.org/10.36587/exc.v9i1.1256

Tjiptono. (2018). Manajemen Jasa. Andi Offset.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembeliah Nature Republic. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1093