Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kelurahan Manis Jaya, Kota Tangerang)

Main Article Content

Syaripah Khoirunnisa
Asih Mulyaningsih
Gugun Gunawan

Abstract

Keputusan pembelian mencerminkan perilaku konsumen untuk memenuhi keinginannya, guna membangun loyalitas dan kepuasan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum di Kelurahan Manis Jaya, Kota Tangerang secara parsial. Metodologi penelitian ini yaitu kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dipilih secara sengaja di Kelurahan Manis Jaya, Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Kuesioner dalam penelitian ini disebarkan kepada sampel sebanyak 100 responden. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X1) tidak berpengaruh signfikan terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum karena harga yang ditawarkan tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan pesaingnya. Sedangkan, kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum karena kualitas produk yang diberikan sesuai dengan harapan responden dan promosi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum karena promosi yang efektif dengan pesan yang jelas dan mudah dipahami sehingga menarik perhatian responden.

Article Details

How to Cite
Khoirunnisa, S., Mulyaningsih , A. ., & Gunawan, G. (2025). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kelurahan Manis Jaya, Kota Tangerang) . Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(1), 267–273. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i1.1358
Section
Articles

References

A. Shimp, T. (2015). Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Periklanan Promosi. Jakarta:Erlangga.

Andri Asoka Sidantara R, Syahbilla Nur Oktora, & Rendi Maulana. (2024). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Teh Pucuk Harum (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Batujajar Barat RW12). Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 1(7), 606–616. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/545

Award Top Brand. 2022, 2023, 2024. Top Brand Index. Diakses dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-index, pada hari Kamis, tanggal 27 Agustus 2024. Pukul 20.13 WIB.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Ferdiana, R., & Yuwono, I. 2023. Pengaruh Brand Image, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Studi Pada Masyarakat Kota Bekasi). Madani : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 310–318. https://doi.org/10.5281/zenodo.8216419

Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian. Kbm Indonesia.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelangggan. Unitomo Press

Kotler, P., & Armstrong. (2018). Principle of Marketing, 16th edition. Pearson Education Ltd.

Nyarmiati, & Astuti. (2021). PengaruhlKepuasanlKonsumen, Kualiltas Produk, Dlan Harga Terlhadap Keputusaln Pembelian padalProduk Lulnica. EKONlOMI DAN lMANAJEMEN BlISNIS Universitas Buddhi Dharma, 1(3). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi

Puspita Sari, R., Fitroh Sukono Putra, F. I., Wismantoro, Y., & Panjaitan, R. (2024). Penerapan Bauran Promosi Teh Pucuk Harum Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Manajemen Di Kota Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2398–2414. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7617

Puspitsari, F. 2023. Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro pada Konsumen Ayam Penyet Putri. Jurnal Manajemen Bisnis dan Ekonomi. 1(1). 2 – 8.

Sitorus,S.A.(2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga dan Intensitas Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Teh Pucuk Harum di Kota Medan. Journal Business and Management, 1(1), 01-10. https://doi.org/10.51622/jbm.v1i1.719

Sri Utami Hanggondosari. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. (2021). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1143-1149. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1166

Widyaningrum, V, R, Trisnowati, J, Pujiani, D. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teh Merk Gambyong (Studi Kasus di Pondok Gambyong dan Homestay Karanganyar). Surakarta Management Journal. 5 (1). 2-8. http://dx.doi.org/10.52429/smj.v5i1.1094

Wintari, N. K. A., Santoso, A. 2023. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol SosroThe Influence of Packaging Design, Taste, and Price on Purchasing Decisions of Botol Sosro Tea. Aksioma: Jurnal Manajemen, 2(2), 108–113. https://doi.org/10.30822/aksioma.v2i2.2483