Pengaruh Brand Image, Fitur, Dan Gaya Hidup, Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Bina Karya Tebing Tinggi)

Main Article Content

Stefany Surya
Muhammad Richo
Benhart Nainggolan
Rizki Wulanita Batubara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Fitur, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mencakup beberapa uji regresi linier dan uji asumsi klasik. Sampelnya sebanyak 66 responden. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang mencakup pertanyaan pilihan ganda, diberi peringkat pada skala likert 1-5, dan dianalisis menggunakan aplikasi Software SPSS 25. Hasil dari uji hipotesis menyatakan bahwa: Hipotesis 1  ditolak, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 0,397 < ttabel 1,998, demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,693 > 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama ditolak, artinya variabel Brand Image tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian smartphone  merek iphone. Hipotesis 2 diterima, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,705 > ttabel 1,998, demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,025 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima, artinya Variabel Fitur berpengaruh terhadap Variabel Keputusan Pembelian.  Hipotesis 3 diterima, hal ini dapat dilihat thitung 3,577 > ttabel 1,998, demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,025 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima, artinya Variabel Gaya Hidup berpengaruh terhadap Variabel Keputusan Pembelian. Hipotesis 4 diterima, hal ini dapat dilihat Fhitung 33,856 > Ftabel 2,75, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis keempat diterima, artinya Variabel Brand Image, Variabel Fitur, dan variabel Gaya Hidup berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Variabel Keputusan Pembelian.

Article Details

How to Cite
Surya, S., Richo, M., Nainggolan, B. ., & Batubara, R. W. . (2025). Pengaruh Brand Image, Fitur, Dan Gaya Hidup, Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Bina Karya Tebing Tinggi). Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(1), 198–207. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i1.1269
Section
Articles

References

Aditya, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Apple Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UniversitasMedanArea.6 17. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1888

Ah’sani, A. F., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh citra merek, fitur, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen smartphone xiaomi) di KabupatenLamongan.JurnalKajianIlmuManajemen(JKIM),2(2). https://journal.trunojoyo.ac.id/jkim/article/view/16997

Batubara, R. W., & Kisfa, A. (2024). Pengaruh Brand Image dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Belo Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada Pembeli Geprek Bp7 di Kota Tebing Tinggi. Digital Business Progress,3(1),43 54.https://journal.stie.binakarya.ac.id/index.php/dbp/article/view/149

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2022). pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian pada PT. Mega Sari Tata Utama. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek. Jakarta : Qiara Media.

Febrianty, E., Pudjoprastyono, H., & Ariescy, R. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2870–2881. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227

Kotler,P.,& Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Marsin, I. S., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., & Jamal, I. (2022). Manajemen Pemasaran. Depok : Strategy Cita Semesta.

Handayani, E. D., & Heny Kurnianingsih, S. E. (2021). Pengaruh gaya hidup, fitur, desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung. Manajemen Dewantara, 5(2),152 161. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/manajemendewantara/article/view/1137

Nainggolan, B., & Suwadi, S. (2024). Pengaruh Wom Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Deco 100 Kuala Tanjung. Management And Business Progress, 3(1), 81–93. https://journal.stiebinakarya.ac.id/index.php/mbp/article/view/141

Noor, M. F., & Nurlinda, R. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone iphone. Forum Ilmiah, 18(2), 150–161. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEUJournal 20795-11_1698.pdf

Saputra, G., & Ardani, I. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, v09(i07), p07.https://pdfs.semanticscholar.org/2318/d20559e9b2bca7ed3244d5b8abba71a6269f.pdf

Setyanto, L. E. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple iPhone pada Mahasiswa / Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 Universitas Brawijaya Malang) Jurnal Administrasi Bisnis, 46(2), 19 27.https://www.neliti.com/publications/87927/pengaruh- atribut-produk-terhadap-keputusan-pembelian-survei-pembeli-apple-iphone

Shon, Y., Kim, B., & Yu, T. (2021). Exploring Experience and Educational Meaning of Soft Darts in Physical Education Classes of Secondary School. The Korean Journal of Physical Education, 60, 327–343. https://doi.org/10.23949/kjpe.2021.3.60.2.24

Suryani, N. I., dkk, Febrianty, E., Pudjoprastyono, H., Ariescy, R. R., Yanti, R. B., Setyanto, L. E., & Zannah, D. A. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 19–27. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227

Sudarta. (2022). Hubungan Gaya Hidup dengan Keputusan Pembelian. 16(1), 1–23.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wijoyo, H. (2021). Manajemen pemasaran. Sumatera Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri.

Yanti, R. B. (2020). Gaya Hidup Brand Minded Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 401. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5359

Zannah, D. A. M., & Suwitho, S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Terhadap Generasi Z Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(7). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4726