Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Pada Supermarket Bangunan Pangkalpinang) Deri Kusmadeni
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan simultan dan parsial variabel harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Supermarket Bangunan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Validitas, Uji Realibilitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Kofesien Determinasi, Uji Asumsi Klasik dan uji hipotesis menggunakan uji t dan Uji f. Jumlah sampel yang diteliti 184 Orang Konsumen yang melakukan pembelian di supermarket bangunan Pangkalpinang.Dari hasil analisis regresi linear berganda didapatkan nilai Y = 3,073 + 0,951 X2 + 0,164 X2 menyatakan bahwa variabel harga berpengaruh signifikansi terhadap Keputusan pembelian yang mana terlihat pada uji regresi linear nilai signifikansi harga lebih kecil dari 0,005 yaitu 0,000 < 0,005 dan variabel kelengkapan produk berpengaruh signifikansi terhadap Keputusan pembelian yang mana terlihat pada uji regresi linear nilai signifikansi kelengkapan produk lebih kecil dari 0,005 yaitu 0,000 < 0,005. Dari hasil penghitungan dengan menggunakan SPSS dapat nilai koefisien determinasi dari R adalah 0,774. Hal ini berarti bahwa nilai Variabel X berpengaruh terhadap variabel (Y) sebesar 77,4 % sedangkan sisanya 22,6 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad Zulkifili dan Lik Anah. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di B2 Variasi Motor Jombang. Jurnal BIMA: Journal of Business and Innovation Management, Vol 3 No 3. 2021. DOI: https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5486
Ainul Yaqin, Udik Jatmiko dan Erwin Syahputra. Pengaruh potongan harga dan kelengkapan produk terhadap minat beli konsumen pada Hikmah Mart Wates Kediri. Jurnal Optimal Ekonomi dan Manajemen, Vol 2 No 4. 2022. DOI: https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.749
Amanah Dita dan Adinda Ayu Laiyla. Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen online shop Tokopedia.com. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Liabilitis, Vol 2 No 2. 2019. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3478
Angala. Verra Putri, Diana Ambarwati dan Udik Jatmiko. Pengaruh tata letak, harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Swalayan Berkah Mandiri Mojo Kediri). Universitas STEKOM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 1. No 3. 2022. DOI: https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.411
Dhama Tedyanto Surya, Edi Suratno dan Alberta Ingraina. Pengaruh Harga Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi. Journal of Trends Economics and Accounting Research. Vol 4, No 4, 2024. DOI: https://doi.org/10.47065/jtear.v4i4.1367
Eli Dahlia. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian ToserbaGriya Majalengka Kabupaten Majalengka. Jurnal e Bisnis Manajemen. Vol 2, No 3, 2024. DOI : https://doi.org/10.59603/ebisman.v2i3.504
Tri Mei Elita. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee di Kota Mataram. Jurnal IJMRE International Journal of Management Research and Economics. Vol 2, No 2, 2024. DOI: https://doi.org/10.54066/ijmre-itb.v2i2.1744
Gideon Todianto Palobo, Dina Ramba dan Rati Pundissing Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Ecky. Jurnal Journal of Management and Social Sciences (JMSC). Vol 2, No 1, 2024. DOI: https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.330
Ikhwan dan Kartin Aprianti. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fajar Abadi Snack. Jurnal Intelektual. Vol 2 No 2. 2023. DOI : https://doi.org/10.61635/jin.v2i2.155
Sulastri dan Yusrianto Sholeh. Analisis pengaruh kelengkapan produk, harga, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko SRC Tiga Berlian, Banyubunih Kecamatan Galis. Jurnal MEA (Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. Vol 8, No 2, 2024. DOI: https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4182
Rina Maharaja, Mery Lani Purba dan Rika Meihayani Ginting.. Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bangunan Johor Mas Medan. Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (Tekenos). Vol 4, No 2. 2022.
Lianardi William, Stefani Chandra. (2019). Analisis kualitas pelayanan, Kelengkapan produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni pekanbaru. Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, Vol 4, No, 2019
Ghozali, Imam. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Kotler Philip (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 1. PT Prenhallindo : Jakarta
Pardede, R., & Manurung, R. (2014). Analisis jalur (path analysis): Teori dan aplikasi dalam riset bisnis. Rineka Cipta: Jakarta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung
Swastha Basu dan Irawan. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. (2015). Pemasaran Strategik. Andi Offset: Yogyakarta: