Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Pada Supermarket Bangunan Pangkalpinang) Deri Kusmadeni

Main Article Content

Deri Kusmadeni
Mohamad Makrus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan simultan dan parsial variabel harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Supermarket Bangunan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Validitas, Uji Realibilitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Kofesien Determinasi, Uji Asumsi Klasik dan uji hipotesis menggunakan uji t dan Uji f. Jumlah sampel yang diteliti 184 Orang Konsumen yang melakukan pembelian di supermarket bangunan Pangkalpinang.Dari hasil analisis regresi linear berganda didapatkan nilai Y = 3,073 +  0,951 X2  + 0,164 X2 menyatakan bahwa variabel harga berpengaruh signifikansi terhadap Keputusan pembelian yang mana terlihat pada uji regresi linear nilai signifikansi harga lebih kecil dari 0,005 yaitu 0,000 < 0,005 dan variabel kelengkapan produk berpengaruh signifikansi terhadap Keputusan pembelian yang mana terlihat pada uji regresi linear nilai signifikansi kelengkapan produk lebih kecil dari 0,005 yaitu 0,000 < 0,005. Dari hasil penghitungan dengan menggunakan SPSS dapat nilai koefisien determinasi dari R  adalah 0,774. Hal ini berarti bahwa nilai Variabel X berpengaruh terhadap variabel (Y) sebesar 77,4 % sedangkan sisanya 22,6 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Kusmadeni, D., & Makrus, M. . (2025). Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Pada Supermarket Bangunan Pangkalpinang): Deri Kusmadeni. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(1), 235–245. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i1.1258
Section
Articles

References

Ahmad Zulkifili dan Lik Anah. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di B2 Variasi Motor Jombang. Jurnal BIMA: Journal of Business and Innovation Management, Vol 3 No 3. 2021. DOI: https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5486

Ainul Yaqin, Udik Jatmiko dan Erwin Syahputra. Pengaruh potongan harga dan kelengkapan produk terhadap minat beli konsumen pada Hikmah Mart Wates Kediri. Jurnal Optimal Ekonomi dan Manajemen, Vol 2 No 4. 2022. DOI: https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.749

Amanah Dita dan Adinda Ayu Laiyla. Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen online shop Tokopedia.com. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Liabilitis, Vol 2 No 2. 2019. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3478

Angala. Verra Putri, Diana Ambarwati dan Udik Jatmiko. Pengaruh tata letak, harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Swalayan Berkah Mandiri Mojo Kediri). Universitas STEKOM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 1. No 3. 2022. DOI: https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.411

Dhama Tedyanto Surya, Edi Suratno dan Alberta Ingraina. Pengaruh Harga Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi. Journal of Trends Economics and Accounting Research. Vol 4, No 4, 2024. DOI: https://doi.org/10.47065/jtear.v4i4.1367

Eli Dahlia. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian ToserbaGriya Majalengka Kabupaten Majalengka. Jurnal e Bisnis Manajemen. Vol 2, No 3, 2024. DOI : https://doi.org/10.59603/ebisman.v2i3.504

Tri Mei Elita. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee di Kota Mataram. Jurnal IJMRE International Journal of Management Research and Economics. Vol 2, No 2, 2024. DOI: https://doi.org/10.54066/ijmre-itb.v2i2.1744

Gideon Todianto Palobo, Dina Ramba dan Rati Pundissing Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Ecky. Jurnal Journal of Management and Social Sciences (JMSC). Vol 2, No 1, 2024. DOI: https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.330

Ikhwan dan Kartin Aprianti. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fajar Abadi Snack. Jurnal Intelektual. Vol 2 No 2. 2023. DOI : https://doi.org/10.61635/jin.v2i2.155

Sulastri dan Yusrianto Sholeh. Analisis pengaruh kelengkapan produk, harga, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko SRC Tiga Berlian, Banyubunih Kecamatan Galis. Jurnal MEA (Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. Vol 8, No 2, 2024. DOI: https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4182

Rina Maharaja, Mery Lani Purba dan Rika Meihayani Ginting.. Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bangunan Johor Mas Medan. Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (Tekenos). Vol 4, No 2. 2022.

Lianardi William, Stefani Chandra. (2019). Analisis kualitas pelayanan, Kelengkapan produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni pekanbaru. Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, Vol 4, No, 2019

Ghozali, Imam. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Kotler Philip (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 1. PT Prenhallindo : Jakarta

Pardede, R., & Manurung, R. (2014). Analisis jalur (path analysis): Teori dan aplikasi dalam riset bisnis. Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Swastha Basu dan Irawan. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. (2015). Pemasaran Strategik. Andi Offset: Yogyakarta: