Pengaruh Harga, Kemasan dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian di Comring ‘Kaya Rasa”

Main Article Content

Husnul Amal
Rita Tri Yusnita
Isyana Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kemasan, dan cita rasa terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Comring “Kaya Rasa” di Kabupaten Tasikmalaya. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, kuesioner disebarkan kepada 100 responden, dan data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, mengindikasikan bahwa konsumen kurang sensitif terhadap kedua faktor tersebut dalam konteks produk ini. Sebaliknya, variabel cita rasa terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menegaskan bahwa kualitas dan keunikan rasa menjadi faktor penentu utama yang mendorong konsumen untuk memilih dan membeli Comring “Kaya Rasa,” sehingga produsen perlu memprioritaskan kualitas rasa sebagai keunggulan kompetitif.

Article Details

How to Cite
Amal, H., Yusnita, R. T. ., & Rahayu, I. (2025). Pengaruh Harga, Kemasan dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian di Comring ‘Kaya Rasa” . Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(2), 791–808. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i2.1738
Section
Articles

References

Abdul, M., Septyadi, K., Salamah, M., Nujiyatillah, S., Manajemen, M. S., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. 3(1), 2022. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i1

Arya, T., Nayotama, P., & Mutaqi, A. S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Usaha Home Industry Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Teknik (Jurritek), 2(1).

Astiti, N. M. A. G. R., Eryani, A. A. P., Yudiastri, N. M., & Semaryani, A. A. M. (2023). Pentingnya Kemasan Dalam Pemasaran Produk. In E-Book. Scopindo Media Pustaka.

Ayunina Ciptantri Hadipranata, Q., Pradina Sumardi, R., & Widya Wiwaha Yogyakarta Qayunina, S. (2022). Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Wardah (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah Mutiara Cosmetics Yogyakarta). In Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia Stie Wiya Wiwaha (Vol. 2, Issue 3).

Cahyani, N., Hadita, H., Komariah, N. S., Faeni, D. P., & Hendayana, Y. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Richeese Factory Golden City Kota Bekasi. 2(3). Https://Doi.Org/10.47861/Sammajiva.V2i2.1183

Damayanti, E. (2023). Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc Di Bandar Lampung. Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian…, 4, 327–344.

Della Irona, V., Triyani, M., Fakultas, M., & Management, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen: Kualitas Produk, Harga Dan Promosi (Literature Review Smm) Corresponding Author: Vitra Della Irona. 1(1). Https://Doi.Org/10.38035/Jim.V1i1

Denni Mochamad Faisal, Cha, Tri Yusnita, R., & Karmila, M. (2023). The Influence Of Product Quality, Price And Location On Consumer Purchasing Decisions (Survey On Alle’chantre Tasikmalaya Store Consumers). In Journal Of Management, Economic, And Accounting (Vol. 2, Issue 1).

Desi Septiani, A., Trishuta Pathiassana, M., Adelina Saputri, N., Gaibi, N., & Trishuta Pathiussina, R. (2023). Perancangan Dan Analisis Pengaruh Kemasan Madu Hutan Kecamatan Lunyuk Beserta Atribut Pendukungnya Terhadap Minat Beli Konsumen Design And Analysis Of The Effect Of Forest Honey Packaging In Lunyuk District And Their Supporting Attributes On Consumer Buying Interest.

Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. In E-Book. Deepublish.

Fania, A., & Sri Handayani, F. (2024). Analisis Usabilitas Aplikasi Magang Rri Palembang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Teknomatika, 14(01).

Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Spss Pada Mahasiswa. Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136.

Febriana, J., Supraptini, N., Dharma Ayu, P., Ekonomi, F., & Pemasaran, M. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Promosi, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Martabak Favorit Di Ungaran.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Kain Songket Batu Bara. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian (1st Ed.). Publisher Kbm Indonesia. Www.Penerbitbukumurah.Com

Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit

Herdiyanti. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Di Ciamis.

Irianto, H. E., & Giyatmi. (2021). Pengembangan Produk Pangan: Teori Dan Implementasi (Y. N. I. Sari, Ed.; 1st Ed.). Pt Rajagrafindo Persada.

Jamal, A., & Busman, S. A. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Junior Cabang Pekat Di Kabupaten Sumbawa. 4(2). Https://Doi.Org/10.37673/Jmb.V4i

Maimunah, S., S1, P., Fakultas, M., & Dan Bisnis, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. In Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 1, Issue 2).

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji.

Mas, R., Dayanti, A., Wahyudi, A., Soeparto, H., & Sunu, D. D. (2021). Pengaruh Kemasan Dan Lokasi Usaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Rintisan Sesari Base. In Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis (Vol. 6, Issue 5).

Mogea, Y. A., & Sujana, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Online, Kemasan Serta Negara Asal Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(2), 199–208. Https://Doi.Org/10.37641/Jikes.V2i2.1459

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor Untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511–518. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V10i3.1539

Musti Ariska, F., Sunarko, H., Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacana Jl Kenanga No, S., Metro Barat, K., & Metro, K. (2023). The Influence Of Packaging, Price And Product Quality On Bulog Rice Purchasing Decisions In Metro Cities.

Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura, 1(1), 43–53.

Novita Sari, F., & Dewi Mulyani, I. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Udang Sinar Jaya Kaligangsa Brebes Influence Of Flavor And Price On Purchase Decision Of Shrimp Crackrs Sinar Jaya Kaligangsa Brebes. Journal Economics And Management (Jecma, 2, 19–27.

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal Of Economic, Management, Accounting And Technology, 4(1), 43–54. Https://Doi.Org/10.32500/Jematech.V4i1.1447

Rahmawati, Y., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Resto Street Sushi Cabang Meruya Jakarta Barat). 1(3). Https://Doi.Org/10.38035/Jhesm.V1i3

Rakawidianto, G., Lukiarti, M. M., & Penulis, N. (2024). Studi Kasus Pada Konsumen Ayam Geprek Pop Chicken Lasem (Vol. 5, Issue 1).

Ridwan, M., Ulum, B., Muhammad, F., Indragiri, I., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Http://Journal.Fdi.Or.Id/Index.Php/Jmas/Article/View/356

Rini Metri Oktavianti, P. (2022). Ekombis Sains Strategi Kemasan Dan Kualitas Penyiaran Terhadap Loyalitas Pemirsa Tv One Dan Metro Tv.

Sampara, N. (2022). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Roti Mantao (Sinar Terang) Kota Madya Parepare The Effect Of Packaging, Price And Promotion On Purchase Decisions On Mantao Bread Products (Sinar Terang) City Of Madya Parepare. Kota Madya Parepare, 2(3), 129–135.

Sarasi, V., Helmi, A., Burhanudin, A. F., & Padjadjaran Bandung, U. (2023). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Desain Kemasan Terhadap Pembelian Mie Instan Impor. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V9i1.7885

Solihah, N., Rahayu, I., & Sudiarti, S. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Lingkungan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Https://Journal.Unifa.Ac.Id/Index.Php/Pomajurnal/Indexojs:Https://Journal.Unifa.Ac.Id/Index.Php/Pomajurnal/Index

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suriah, Matus, & Utamaningsih, A. (2023). Pengaruh Kemasan Dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Kampung Coklat Blitar. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2022). Manajemen Dan Strategi Kepuasan Pelanggan (A. Diana, Ed.; 1st Ed.). Andi.

Umam, M. C. (2022). Analisis Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Dalam Mempengaruhi Perkembangan Indeks Saham Syariah Indonesia. Journal Of Economics Research And Policy Studies, 2(3). Https://Doi.Org/10.53088/Jerps.V2i3.570

Valentine, L., Anah Fadhillah, S., Sucipto, H., Npd Wahana, A., Sholeha, A., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2023). Analisis Persepsi Harga, Cita Rasa, Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Mie Gacoan Tegal. 3(4), 409–428. Https://Doi.Org/10.56910/Gemilang.V3i2.1309

Winscott Suherman, A., & Charly Hongdiyanto, Dan. (2021). Pengaruh Promosi, Cita Rasa, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milkmo.

Zano, B. R., & Santoso, T. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Agora, 7(1), 48–60.