Analisis Deskriptif Branding dan Kemasan Produk Sarapan Sehat Bagi Pelaku UMKM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi branding dan kemasan produk sarapan sehat berharga terjangkau yang ditawarkan oleh pelaku UMKM di Kelurahan Baros, Cimahi Tengah. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi langsung dan dokumentasi visual untuk menilai logo, kemasan, warna, dan daya tarik visual produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kemasan menjadi faktor dominan yang memengaruhi persepsi konsumen sebesar 75%, diikuti kesesuaian rasa 65%, warna kemasan 60%, logo 50%, dan aspek visual keseluruhan 40%. Produk yang memiliki kemasan rapi, warna menarik, dan simbol visual jelas lebih cepat dilirik dan dipilih oleh konsumen. Namun sebagian UMKM masih menggunakan kemasan sederhana, logo minim identitas visual, dan belum memanfaatkan branding digital secara optimal. Keterbatasan pengetahuan desain, psikologi warna, dan konsistensi visual menjadi hambatan dalam meningkatkan daya tarik produk. Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi logo, desain kemasan menarik, serta pemanfaatan media digital dapat meningkatkan minat beli, persepsi kualitas, dan daya saing produk sarapan sehat, sekaligus memperluas jangkauan pasar bagi UMKM.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aimah, S., & Nasih, M. (2023). Quality Assurance System of Pesantren As Branding In The Era Society 5.0 Era. Journal of Quality Assurance in Islamic Education (JQAIE), 3(2), 93–104. https://doi.org/10.47945/jqaie.v3i2.1196
Arum, R., Widjajani, S., & Utomo, A. S. (2025). Pengaruh E-Recruitment, Employer Branding, dan Media Sosial terhadap Minat Generasi Z untuk Melamar Pekerjaan (Studi pada Fresh Graduate Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo). Jurnal Volatilitas, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.37729/volatilitas.v7i3.6420
Asy’Ary, A. P. M. H., Nurhayati, A., Asraf, A., & Bagea, A. (2025). Dinamika Atribut Produk dalam Pengambilan Keputusan Konsumen Berpendapatan Rendah: Studi Kualitatif tentang Preferensi Rasa, Kesehatan, dan Kepuasan. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 3051–3056. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.972
Bukhari, A. K., Liana, I., & Wardiati. (2025). Analisis Faktor Pencemaran Jajanan Sekolah di Wilayah Jambo Tape Kota Banda Aceh. Jurnal Promotif Preventif, 8(1), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.47650/jpp.v8i1.1631
Darpito, D., & Muttaqin, Z. (2025). Faktor Psikologi dan Sosial dalam Membentuk Minat Beli Produk Taste Twist di Jatinangor. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(2), 1083–1095. https://doi.org/10.63447/jimik.v6i2.1283
Fitria, R. (2024, July 20). Begini Tampilan dan Rasa Menu Sarapan Viral Rp 10.000 di Benhil Baca artikel detikfood, “Begini Tampilan dan Rasa Menu Sarapan Viral Rp 10.000 di Benhil” selengkapnya https://food.detik.com/pengalaman-bersantap/d-7447095/begini-tampilan-dan-rasa-menu-sarapan-viral-rp-10-000-di-benhil. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/. Detikfood. https://food.detik.com/pengalaman-bersantap/d-7447095/begini-tampilan-dan-rasa-menu-sarapan-viral-rp-10-000-di-benhil
Friadi, J., Windayanti, D. T., & Made, A. M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat UMKM dalam Pemasaran Produk Lokal Batam. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 159–167. https://doi.org/10.35912/yumary.v5i1.3608
Hanim, B., Ingelia, I., & Ariyani, D. (2022). Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kebidanan Malakbi, 3(1), 28. https://doi.org/10.33490/b.v3i1.570
Khotimah, K. (2022). Penerapan Digital Content# CiptakanKebaikan sebagai Bentuk Promosi pada Platform Tiktok. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 1–13.
Lestari, D. A., Barokah, F. I., & Sahari, P. (2022). Hubungan Sarapan, Status Gizi Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Di STIKes PERTAMEDIKA Jakarta. JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 14(1), 72–80. https://doi.org/10.35473/jgk.v14i1.261
Mardhiyyah, N. P. (2018). Kampanye Metode “Eat the Rainbow” Untuk Mengatasi Ketergantungan Junk Food [Universitas Telkom]. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/146896/kampanye-metode-eat-the-rainbow-untuk-mengatasi-ketergantungan-junk-food.html
Mardiah, A., Sunarni, Putri, N. R., Sono, M. G., & Putra, J. E. (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM di Era Digital. El-Mal, 5(11), 5465–5474.
Marselina, R. D., Aulia, P., & Khairunnisa, N. (2025). ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MEMBANGUN BRAND ASTANANA. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 3(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/digibe.v3i1.174
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Nurmalasari, R., Sunaryo, N. A., Ramadhani, V. M., S, G. V. P. P., & Oktaviastuti, B. (2023). Difusi Teknologi Aquaponik Tenaga Surya untuk Mengembangkan Budaya Mandiri Pangan Organik Bagi Warga Desa Pakisjajar Kabupaten Malang. Prosiding Nasional 2023. https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3367/2443
Prijatni, I., Jamhariyah, J., Prasetyo, H., & Bachri, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KESEHATAN ANAK SEKOLAH MELALUI EDUKASI TENTANG PENTINGNYA SARAPAN PAGI DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN SECARA BERKALA. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), 7(2), 145. https://doi.org/10.31290/j.idaman.v7i2.4043
Safitri, M. N., Sari, D. A., Sari, F. K., Savitri, F. N., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Peran Perencanaan Bisnis Produk Sereal Berbasis Sayur Untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat. Amaliah Jurnal : Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 149–156.
Sandy, Y. D., Rukmana, E., Damanik, K. Y., & Pratiwi, C. (2024). Hubungan Night Time Eating dan Asupan Lemak Dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Mahasiswa di Kota Medan. Amerta Nutrition, 8(3SP), 141–150. https://doi.org/10.20473/amnt.v8i3SP.2024.141-150
Setyaka, H. (2018). Rahasia Rutinitas Tokoh-Tokoh Sukses Dunia. Kaktus.
Suhrowardi, Masriah, I., Hotimah, E., I, D. N., & Sugiyanti, A. (2024). Tantangan dan Solusi Bisnis UMKM di Era Digital. JPPI: Jurnal Pengabdian Pelita Insani, 1(01), 12–20. https://doi.org/10.71195/jppi.v1i01.13
Suraya, S., Apriyani, S. S., Larasaty, D., Indraswari, D., Lusiana, E., & Anna, G. T. (2019). “SARAPAN YUKS” PENTINGNYA SARAPAN PAGI BAGI ANAK-ANAK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4350