Analisis Pengumuman Rekrutmen Dosen PTN CASN Kemendikbud 2024 dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia

Main Article Content

Gita Irawanda
Sri Astuti Nasir

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengumuman seleksi CPNS dosen PTN tahun 2024 yang diterbitkan Kemendikbudristek melalui pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi dokumentasi, menggunakan data utama berupa dokumen resmi seleksi, surat edaran BKN, dan pemberitaan daring. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus analisis terhadap dokumen pengumuman sebagai representasi praktik MSDM sektor publik, bukan hanya sebagai informasi administratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun struktur pengumuman sudah sistematis dengan rincian formasi, jadwal, dan persyaratan, namun belum sepenuhnya mencerminkan prinsip MSDM, khususnya transparansi indikator seleksi kualitatif (wawancara, microteaching) serta mekanisme pembaruan informasi yang adaptif. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya kajian MSDM dengan menempatkan pengumuman rekrutmen sebagai instrumen komunikasi strategis yang menentukan kualitas proses seleksi. Secara praktis, temuan ini memberikan rekomendasi perlunya standarisasi format pengumuman, penguatan sistem informasi seleksi, serta penyelarasan persyaratan kompetensi dengan kebutuhan tridharma PTN. Temuan hasil kajian diharapkan menjadi masukan kebijakan untuk meningkatkan transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas rekrutmen ASN di sektor pendidikan tinggi.

Article Details

How to Cite
Irawanda, G., & Nasir, S. A. (2025). Analisis Pengumuman Rekrutmen Dosen PTN CASN Kemendikbud 2024 dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 4(2), 509–515. https://doi.org/10.59066/jmae.v4i2.1586
Section
Articles

References

Armstrong, M. (2014). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice (13th ed.). Kogan Page.

Armstrong, M., & Taylor, S. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice (15th ed.). Kogan Page.

Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Mathis, R. L., Jackson, J. H., Valentine, S. R., & Meglich, P. A. (2017). Human Resource Management (15th ed.). Cengage Learning.

Milkovich, G. T., & Boudreau, J. W. (2017). Human Resource Management (12th ed.). McGraw-Hill Education.

Mondy, R. W., & Noe, R. M. (2016). Human Resource Management (13th ed.). Pearson Education.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management (13th ed.). Pearson Education. https://opaclib.inaba.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1323&keywords=

Simamora, H. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN.

Arfin, A. L. (2022). Peran Departemen Sumber Daya Manusia dalam Perencanaan, Rekrutmen Dan Seleksi Untuk Mendapatkan SDM Unggul. Efektor, 9(2), 272–285. https://doi.org/10.29407/e.v9i2.17651

Kristof-Brown, A. L., Zimmerman, R. D., & Johnson, E. C. (2005). Consequences of individual’s fit at work: A meta-analysis of person-job, person-organization, person-group, and person-supervisor fit. Personnel Psychology, 58(2), 281–342. https://psycnet.apa.org/record/2005-05063-001

Lubis, M. T. P., Handayani, U. T., Aganta, N. T., Dalimunthe, R. F., & Lumbanraja, P. (2024). Analisis Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di Indonesia: Tantangan dan Peluang di Era Digital. International Journal of Economics and Management Sciences, 1(4), 446–454. https://doi.org/10.61132/ijems.v1i4.399

Melvin, I., Sukandar, Muhammad Syarif, & Ramandha Rudwi Hantoro. (2024). Analisis Rekrutmen dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pengajar pada LKP Khan Fadhilah. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 5(2), 100–108. https://doi.org/10.35961/tanjak.v5i2.1739

Moratti, S. (2020). Do Low-Openness, Low-Transparency Procedures in Academic Hiring Disadvantage Women? Social Sciences, 9(6), 89. https://doi.org/10.3390/socsci9060089

Mugambi, F. N., & Omuya, J. (2023). Effect of Recruitment and Selection on Employee’s Performance in Public Universities in Meru County, Kenya. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 23(22), 122-137. https://doi.org/10.9734/ajeba/2023/v23i221141

Nabi, G., Wei, S., Zhao, S., & Shabbir, M. (2018). Selection Procedures, Face Validity and Fairness in Higher Academic Institutions of Pakistan. Journal of Management Research, 7(1). https://doi.org/10.5296/jmr.v7i1.6964

Pane, H. T. (2022). Tantangan Rekrutmen Dosen PTN: Analisis Merit System dalam ASN. Jurnal Manajemen Pendidikan2, 7(2), 99–112. https://doi.org/ 10.61132/ijems.v1i4.399

Piccolo, E. L., Petruziello, G., Chiesa, R., Pietrantoni, L., & Mariani, M. G. (2024). Fairness in E-Recruitment: Examining Procedural Justice Perceptions and Job Seekers’ Intentions. Sustainability, 16(18), 8124. https://doi.org/10.3390/su16188124

Sanz-Menéndez, L., & Cruz-Castro, L. (2018). University academics’ preferences for hiring and promotion systems. European Journal of Higher Education, 9(2), 153-171. https://doi.org/10.1080/21568235.2018.1515029

Siekkinen, T., Pekkola, E., & Kivistö, J. (2016). Recruitments in Finnish universities: practicing strategic or pathetic HRM? Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 2016(2-3). https://doi.org/10.3402/nstep.v2.32316

Talaat, W., Amin, M. A., Bassiouny, M. R., et al. (2023). A call to enhance transparency among Egyptian medical schools. BMC Medical Education, 23, 489. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04464-1

UNDP. (1997). Governance for Sustainable Human Development: A UNDP Policy Document.