Pengaruh Price Bundling dan Variasi Menu Terhadap Minat Beli Ulang Mixue di Kota Bandung
Main Article Content
Abstract
Persaingan ketat dalam industri minuman kekinian menuntut strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Meskipun banyak penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang, studi yang secara spesifik menganalisis pengaruh price bundling dan variasi menu dalam konteks brand minuman kekinian di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini mengkaji pengaruh price bundling dan variasi menu terhadap minat beli ulang konsumen Mixue di Kota Bandung. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS, mencakup uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen berpengaruh signifikan, baik parsial maupun simultan, terhadap minat beli ulang dengan koefisien determinasi sebesar 65,4%. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran adaptif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di sektor minuman kekinian, dimana kombinasi strategi harga dan diversifikasi produk memiliki peranan yang sangat penting
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agriawan, A., Rahmi, P. P., & Muttaqin, R. (2025). Pengaruh kualitas produk dan online customer review terhadap kepuasan pelanggan pada e-commerce Tokopedia. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 9(1), 100–112. https://doi.org/10.52362/jisamar.v9i1.1710
Al Sukri, S., Prihastuti, A. H., & Miran, I. (2024). Analisis pengaruh promosi, inovasi produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Mixue. Jurnal Pajak dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 5(2), 463–472. https://doi.org/10.55336/jpb.v5i2.240
Alhamid, M. S. H., & Wirawan, W. (2025). Analysis of perceived price and product quality on repurchase intention with customer satisfaction as intervening variable (Shishaboss Surabaya). Enrichment: Journal of Management, 14(6), 1036–1044. https://doi.org/10.35335/enrichment.v14i6.2179
Fahriana, A., Dirwan, D., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh variasi menu, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian Donat Kampar. Jurnal Manuver: Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 40–51. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3632
Hanafia, F. (2023). Pengaruh varian produk, servis level dan price bundling terhadap loyalitas pelanggan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.131
Hartina, E., Saputro, A. H., & Mubarok, D. A. A. (2023). Pengaruh harga, brand image dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian sabun mandi cair Lifebuoy di Kota Bandung: Bahasa Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(6), 2768–2778. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1727
Herinama, A. A., & Setiawan, Y. (2024). Pengaruh viral marketing, experiential marketing dan persepsi harga terhadap minat beli ulang produk Mixue Ice Cream & Tea pada Gen Z. Jurnal Manajemen, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.54964/manajemen.v10i1.449
Hutasoit, S. T. M., & Saputro, A. H. (2024). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan pengalaman pembelian terhadap minat beli ulang di marketplace Lazada: Bahasa Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(1), 654–663. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2065
Khobiba, U. (2024). Pengaruh perceived value, price bundling, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen pada produk Ms Glow di Kabupaten Sumenep [Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja]. Universitas Wiraraja Repository. http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3974
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing management (14th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
Marvianta, Y. A., & Xander, V. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan di Wedrink Daerah Jakarta. Syntax Idea, 5(10), 1812–1824. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i10.2966
Nagle, T. T., & Holden, R. K. (2002). The strategy and tactics of pricing: A guide to profitable decision making (3rd ed.). Prentice Hall.
Puspa, R. D. A., & Tambun, S. (2023). Peran lokasi dan persepsi harga terhadap minat beli ulang konsumen Mixue: Gaya hidup sebagai pemoderasi. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 10(1), 1–15. https://doi.org/10.31289/jkbm.v10i1.10011
Putri, E. H. L., Sulhaini, S., & Mulyono, L. E. H. (2023). Pengaruh brand experience, cita rasa, dan variasi menu terhadap minat beli ulang di Kedai Serabi Bandung. JMM UNRAM - Master of Management Journal, 12(3), 319–331. https://doi.org/10.29303/jmm.v12i3.792
Qur’ani, M. A., Saputro, A. H., & Herlinawati, E. (2024). Pengaruh brand image, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah di PT Riscon Victory (Studi kasus pada Perumahan Grand Riscon Rancaekek). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(3), 1500–1511. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2416
Rahmi, P. P., Aryanti, A. N., & Aziz, D. A. (2023). Pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah Bank BCA. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 710–722. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660
Riansyah, P. S., Farida, E., & Athia, I. (2024). Pengaruh social media promotion, menu variation dan price bundling terhadap purchasing decisions Home Service Mau Grill. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 1906–1915. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/24629/18530
Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.
Siregar, A. N., Sinaga, D. L., Tinambunan, F. U., Saragi, S. L., Sitio, V., & Banjarnahor, Y. (2025). Pengaruh Brand Image pada Keputusan Pembelian Produk Momoyo oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi di UNIMED. ECONOMIST: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.63545/economist.v2i1.76
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Edisi ke-2, Cet. ke-29). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (4th ed.). Alfabeta.
Utami, D. I. (2022). Pengaruh customer experience dan variasi produk terhadap minat beli ulang Bittersweet by Najla Cabang Depok. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 33–42. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.143
Wijaya, A., & Kinder, L. (2020). Pengaruh price bundling dan product bundling terhadap niat membeli yang dimoderasi oleh barang komplementaritas. Jurnal Manajemen, 17(1), 28–38. https://doi.org/10.25170/jm.v17i1.866